Formula 1 Spanyol 2022

Strategi Apik Red Bull Racing Berbuah Kemenangan Telak Verstappen di F1 Spanyol

Max Verstappen meraih kemenangan fantastis setelah mengalami masalah DRS di mobilnya. Red Bull CP
Max Verstappen meraih kemenangan fantastis setelah mengalami masalah DRS di mobilnya. Red Bull CP

Autogear.id - Perang strategi balapan di Formula 1 Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona pada Minggu (22/5/2022), benar-benar membuat suasanya penonton riuh rendah. Bukan hanya karena pembalap utama yaitu Charles Leclerc yang awalnya dijagokan untuk meraih kemenangan malah mengalami masalah teknis, namun juga perang strategi antara tim Red Bull Racing dan Mercedes GP.

Mengawali balapan dari posisi kedua, posisi Max Verstappen yang menjadi andalan tim Red Bull Racing, memang tak bisa mengambil-alih posisi Charles Leclerc di urutan pertama. Namun upaya keras yang Ia lakukan justru mengalami kendala ketika usai melakukan pit stop pertama. Sistem DRS (sayap fleksibel) di mobilnya malah tak berfungsi, sehingga menyusahkannya menyusul George Russel yang berada di depannya. 

Malang nasib pembalap Ferrari yaitu Charles Leclerc yang memasang harapan besar di seri ini. Mobilnya malah mengalami masalah teknis dan akhirnya harus keluar dari balapan bergitu saja. Ia menegaskan tak tahu persis masalahnya apa, tapi timnya akan segera melakukan analisis agar masalah serupa tak terjadi lagi.

Berulang kali Ia mencoba namun tak berhasil hingga akhirnya Red Bull Racing melihat peluang Sergio Perez yang mampu menyusul dengan cepat. Kecepatan yang sempurna mendekati Max dan Russel melahirkan awal strategi apik yang dilakukan Red Bull Racing. Mereka memberikan pit stop kedua bagi Max dan menggunakan ban kompon lunak agar mudah mengejar ketertinggalan dan bisa lebih cepat dari Russel. 

Baca Juga:
Dapat Penyegaran, Motor Petualang Rp650 Jutaan Ini Kian Gaya

"Memang kondisi ini membuatku sangat kesal, lantaran sulit menyusul Russel dengan kondisi normal seperti itu. Tapi strategi yang dilakukan tim kami berbuah sangat manis dan membuat kami bisa finish di urutan 1-2. Terima kasih kepada Sergio Perez yang juga tampil sangat baik dan bertarung keras mewujudkan keinginan tim untuk meraih poin maksimal di seri ini," girang Verstappen.

Sementara rekan setimnya yaitu Perez, juga menegaskan rasa senangnya kali ini. Ia memainkan peran yang sangat besar bagi kemenangan rekan setimnya juga bagi tim yang mengusungnya. Dengan performa yang bisa dibilang sempurna, Ia membuat tim Mercedes GP harus gigit jari karena hanya mampu menempatkan pembalapnya di podium ketiga.

Meski demikian, kondisi ini jadi kebanggaan tersendiri bagi Russel, mengingat Ia bisa tampil kompetitif dan bertarung dengan sangat baik terhadap sang juara dunia F1 2021. Finishnya Ia di posisi ketiga, menjadi bukti bahwa kali ini Mercedes GP sudah bisa tampil kompetitif dan mulai menemukan performa terbaiknya kembali.

Apalagi rekan setimnya yaitu Lewis Hamilton yang meski tersusul oleh Carlos Sainz di akhir balapan, namun tetap merasa senang lantaran menjadi pembalap terfavorit di seri ini. Padahal Ia adalah pembalap pertama yang mengalami senggolan dan mengakibatkan posisinya melorot jauh. 

Hasil F1 Spanyol 2022:
1. Max Verstappen, NED, Red Bull Racing
2. Sergio Perez, MEX, Red Bull Racing
3. George Russel, GBR, Mercedes GP


(uda)