Formula 1 Abu Dhabi 2022

Menangi F1 Abu Dhabi, Verstappen Pecah Rekor 15 Kemenangan

Max Verstappen cetak rekor baru dalam hal kemenangan terbanyak dalam semusim yaitu 15 kemenangan di seri pamungkas F1 di Abu Dhabi. RedBull CP
Max Verstappen cetak rekor baru dalam hal kemenangan terbanyak dalam semusim yaitu 15 kemenangan di seri pamungkas F1 di Abu Dhabi. RedBull CP

Autogear.id - Dua musim balap terakhir sepertinya menjadi tahun yang baik bagi Max Verstappen. Bukan hanya sanggup memenangi titel juara dunia baik untuk kategori tim juga buat kategori pembalap. Namun juga sanggup memecahkan rekor kemenangan terbanyak dalam semusim yang pernah dicetak sejarah, yaitu 15 kali menang dalam semusim.

Hasil ini tentunya jadi hasil yang sangat fantastis baginya. Mengingat dalam 3 musim terakhir Ia juga selalu keluar sebagai pembalap pemenang di akhir musim. Hal ini membuatnya jadi sangat kuat dan mengakhiri musim dengan kepuasan tertinggi. Apalagi di sesi balapan F1 Abu Dhabi hari ini Minggu (20/11/2022) Ia mengawali balapan dari grid start pertama dan menyelesaikannya tanpa tersentuh. 

"Tampil kompetitif di balapan terakhir dan mencetak sejarah 15 kemenangan dalam semusim, adalah hal terindah yang kami jalani tahun ini. Bahkan saya juga tak menyangka bisa tampil sekonsisten ini bersama tim Red Bull Racing. Paling tidak titel juara dunia yang kedua ini membuatku lebih optimis bahwa tahun depan kami masih bisa meraih titel juara dunia lainnya," ungkap Verstappen usai balapan.

Sayangnya rekan setimnya, yaitu Sergio Perez malah tak sanggup mengejar posisi kedua sekadar mengamankan posisi runner up di klasemen akhir. Meski timnya sangat optimis bisa mengejar ketertinggalannya dari duo pembalap yang ada di depannya saat melakukan pit stop kedua, namun ternyata Ia masih sangat jauh tertinggal di belakang. 

Baca Juga:
Porsche Buka Lokasi Pengecasan Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia

"Ya itulah strategi yang ditetapkan oleh tim dan saya pun tak kecewa dengan hasil yang kami raih. Toh dengan strategi ini kami tetap bisa meraih hasil yang kompetitif dan memberikan hasil yang menarik di seri terakhir. Memang banyak tantangan selama balapan berlangsung, namun inilah hasil terbaiknya," papar Perez. 

Sementara di urutan kedua yaitu Charles Leclerc juga cukup senang karena sanggup mengamankan posisi runner up di klasemen akhir. Ia bahkan sempat menolak opsi strategi dua kali pit stop yang ditawarkan oleh timnya. Dan instingnya pun terbukti benar.

"Ya kami memang harus melihat lebih jauh bahwa strategi ini tepat untuk kami. Dan ini adalah hasil terbaik yang bisa kami amankan, yaitu posisi kedua di klasemen pembalap. Setidaknya kam bisa lebih mengalihkan fokus untuk balapan di musim depan," kisah Leclerc.

Hal lain yang menarik di F1 Abu Dhabi adalah karena ini jadi seri terakhir yang dijalani oleh Sebastian Vettel. Ia adalah juara dunia F1 sebanyak 4 kali saat masih bernaung di tim Red Bull Racing. Ia merasa bahwa ini adalah akhir perjalanannya di atas mobil jet darat dan merasakan dukungan semua orang terhadapnya sangat besar. Danke Sebastian Vettel...!

Baca Juga:
Pembalap Astra Honda Dominasi Podium ARRC Thailand

Hasil F1 Abu Dhabi 2022:
1. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
2. CHarles Leclerc, MON, Ferrari 
3. Sergio Perez, MEK, Red Bull Racing


(uda)