Transportasi Umum

Genjot Pembayaran Cashless, E-wallet Mulai Rambah Transportasi Umum

Trans Jateng fokus melakukan peralihan sistem pembayaran transportasi secara digital. TJ
Trans Jateng fokus melakukan peralihan sistem pembayaran transportasi secara digital. TJ

Autogear.id – Digitalisasi dan perkembangan teknologi kian pesat, salah satunya adalah proses pembayaran yang dilakukan secara cashless, menggunakan electronic wallet (e-wallet). AstraPay sebagai brand e-wallet dari PT Astra Digital Arta, yang merupakan bagian dari Grup Astra, melakukan kerja sama dengan Trans Jateng, di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Jawa Tengah, Rabu (5/7/2023). 

Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung mobilitas masyarakat Indonesia, pada transportasi umum. Head of Strategic Partnership AstraPay, Steven Nathaniel menyatakan, kerja sama antara AstraPay dan Trans Jateng ditujukan untuk menyediakan layanan cashless bagi para pengguna angkutan Trans Jateng. Berupa payment channel, yang bisa digunakan untuk membeli tiket di dalam aplikasi Si Anteng. Kerja sama ini, lanjut Steven, diharapkan dapat mempermudah seluruh pengguna Trans Jateng dalam membeli tiket. 

“Lewat hadirnya layanan ini, penumpang tak perlu lagi membeli tiket gunakan cash. Sehingga berdampak positif, dalam mempermudah transaksi. Mempercepat digitalisasi, dan menilai inklusivitas keuangan di wilayah Jateng,” tutur Steven dalam peluncuran program kerja sama yang turut dihadiri Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, Kadishub Prov. Jateng, Henggar Budi Anggoro, dan perwakilan Bank Indonesia Prov. Jateng, Junanto Herdiawan.

Adanya kerja sama dengan moda transportasi umum ini, akan mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan tersebut. Misalnya untuk pembelian tiket transportasi secara digital, pembukaan akun baru, yang memungkinkan pengguna menikmati fitur paylater, bayar tagihan hingga transaksi QRIS. 

Baca Juga:
Indonesia Kirim 50 Persen dari Total Tim Peserta Shell Eco-marathon 2023

Adapun Trans Jateng sendiri beroperasi setiap hari, sejak pagi hingga malam. Melayani beberapa wilayah dengan 98 armada bus, dan terbagi dalam beberapa rute. Yaitu rute Semarang - Bawen, Purwokerto - Purbalingga, Semarang - Kendal, Magelang - Purworejo, Solo - Sragen, Semarang - Grobogang Sidoarjo - Surabaya - Gresik, dengan 98 armada bus. 

Tiket Trans Jateng selama ini dapat dibeli melalui aplikasi Si Anteng, dengan tarif penumpang umum sebesar Rp 4.000, untuk jarak jauh maupun dekat. Diketahui, Astra Grup telah lama dikenal masyarakat sebagai perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan transportasi. Kemudian sejak tahun 2021, uang elektronik pada salah satu platformnya tersebut telah bekerja sama, dengan sejumlah penyelenggara transportasi umum di Indonesia. 

Seperti penyelenggara transportasi umum MRT Jakarta, TransJakarta, Trans Jatim, Trans Jogja, Trans Semarang, Trans Batam, DayTrans hingga Trans Jateng. Kerja sama tersebut menyangkut dalam pelayanan pembelian tiket yang relatif lebih praktis, baik pembayaran melalui QRIS maupun di masing-masing aplikasi transportasi. 


(uda)