Transportasi Umum

Hino RM 280 ABS Jadi Bus Baru PO Putra Simas, Bagasinya Bisa Muat Motor

Karoseri Laksana kembali bikin gebrakan dengan membuat bus untuk jalur Sumatera yang bisa memuat sepeda motor di bagasinya. HMSI
Karoseri Laksana kembali bikin gebrakan dengan membuat bus untuk jalur Sumatera yang bisa memuat sepeda motor di bagasinya. HMSI

Autogear.id – Dua unit bus Hino RM 280 ABS diserahkan PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kepada PT. Putra Simalungun Atas (PO. Putra Simas), ketika peluncuran unit terbaru milik PO. Putra Simas di Bengkulu. 

Menggunakan bodi Legacy SR3 XHD Prime Ultimate dari Karoseri Laksana, bus terbaru tersebut dipersiapkan untuk melayani rute Medan - Bengkulu, yang memiliki trek menanjak dan berliku. 

Disampaikan, kalau bus Hino RM 280 ABS merupakan kendaraan transportasi yang dirancang khusus untuk lintas Sumatera. Menggotong mesin 6-silinder, dilengkapi dengan overheat control system (OCS), untuk mencegah adanya engine blow. Karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin. Kenyamanan suspensi juga ditawarkan untuk perjalanan jarak jauh. Selain itu, dilengkapi pula dengan fitur keselamatan, seperti ABS.
 
Mengintip interiornya, bus ini memiliki kapasitas 34 seat executive dengan konfigurasi 2-2. Kursinya memiliki leg rest dan reclining, serta jarak yang luas untuk kenyamanan kaki penumpang. Adanya sasis 280 space frame, bus ini dapat dibuat dengan bagasi tembus kiri kanan. Membuat bagasinya lebih luas, bisa muat barang besar bahkan motor.

Baca Juga:
United e-Motor Ekspor Motor Listrik ke Malaysia, Resmi Dijual Lho!

 
“Senang dapat menyerahkan 2 unit bus Hino RM 280 ABS kepada PO. Putra Simas. Kami yakin bahwa bus ini akan memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman dan aman bagi penumpang,” ujar  Chief Operating Officer - Director HMSI, Santiko Wardoyo.
 
Santiko dengan bangga menyampaikan, Hino bus turut membantu kelancaran bisnis operasional dari PO. Putra Simas. “Selain unit bus yang tangguh, dalam hal perawatan Hino turut menyediakan outlet atau jaringan servis sepanjang jalur Sumatera. Siap membantu, baik itu dari sisi service maupun suku cadang,” ungkapnya.

Sementara Direktur Utama PO. Putra Simas, Berlinson Sinaga mengatakan, pihaknya memilih model bus ini karena yakin akan ketangguhannya untuk melibas rute lintas Sumatera. 

“Kami juga percaya bahwa selama ini mesin Hino sangat terpercaya dan dapat diandalkan,” ujarnya. Lewat penambahan 2 unit bus baru tersebut, mereka kini menjadi perusahaan otobus pertama di Bengkulu yang menggunakannya. 

Baca Juga:
Viral, Balita Asal Bandung Minta Lelang Mobil Amerika Buat Bantu Palestina

Diketahui, RM 280 ABS merupakan model terbaru Hino di line up Euro4. Model ini merupakan yang terlaris, sehingga berkontribusi lebih dari 50 persen penjualan bus Hino dibandingkan model lain. 
Bahkan model ini juga mendominasi pangsa pasar bus di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, hingga mencapai 65 persen. Membantu memperkuat posisi Hino sebagai market leader Medium Bus di Indonesia.


(uda)