Transportasi Massal

Perkiraan, 100 Ribu Bus Hino Telah Mendukung Kegiatan Mudik Tahun Ini

Kegiatan tradisi mudik lebaran hari raya Idul Fitri 1444H tahun ini telah selesai terselenggara. HMSI
Kegiatan tradisi mudik lebaran hari raya Idul Fitri 1444H tahun ini telah selesai terselenggara. HMSI

Autogear.id – Kegiatan tradisi mudik lebaran hari raya Idul Fitri 1444H tahun ini telah selesai terselenggara. PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menjadi salah satu pemain utama bus dan truk di Indonesia, yang ikut mendukung kelancaran mudik lebaran tahun ini. 

Perusahaan truk dan bus ini mengakui banyak armadanya yang beroperasi dalam periode lebaran kali ini, baik itu bus - bus dari Perusahaan Otobus (PO) yang melayani Antar Kota Antar Propinsi (AKAP). Maupun bus - bus pariwisata yang disewa untuk program mudik gratis, yang banyak diselengarakan. Mulai dari yang digelar oleh Kementerian Perhubungan, BUMN, maupun perusahaan swasta lainnya. 

Dijelaskan Chief Operating Officer (COO) - Director HMSI, Santiko Wardoyo, diperkirakan ada lebih dari 100.000 bus Hino beroperasi selama periode mudik lebaran kemarin. “Kami senang dan bangga, selama periode mudik lebaran tahun ini bus-bus Hino dapat membantu untuk mengantar masyarakat pemudik pulang menuju kampung halaman mereka,” ujarnya.

Untuk itu Hino melengkapinya, dengan membantu menghadirkan layanan posko mudik dan bengkel siaga yang beroperasi 24 jam di 15 titik. Terutama untuk membantu dalam kondisi emergency. Sehingga telah memberi ketenangan bagi pengemudi, dan membuat keamanan selama perjalanan mudik lebaran lebih terjamin. 

Baca Juga:
Gokil, Restorasi F1-Z Tahun 1994 Ini Seharga Satu Mobil Avanza!

“Semoga masyarakat yang telah melakukan perjalanan mudik kemarin dapat merasakan keamanan dan kenyamanan sampai kampung halaman, sesuai dengan yang kami dan masyarakat harapkan,” kata Santiko.

Memang dalam pelaksanaannya, selama periode mudik lebaran mulai 19 - 30 April 2023, 15 titik layanan servis berupa 3 jaringan bengkel siaga dan 12 posko siaga 24 jam telah disiapkan di jalur Sumatera dan Jawa. 

Bagi yang masih melakukan perjalanan arus balik, untuk jalur Sumatra, posko mudik Hino terletak di Tanjung Morawa Medan, RM Umega - Dharmasraya Sumatra Barat, RM Simpang Raya - Musi Banyuasin, RM Musi Indah-Palembang, RM Siang Malam - Lampung Selatan, RM Menanti Raya - Merak, dan HMSI Jatake - Tangerang.

Sementara untuk jalur lintas Jawa berada di RM Taman Selera - Indramayu, RM Aroma - Cirebon, RM Sari Rasa - Weleri, Rest Area KM 429 - Bawen, RM. SR Rajapolah - Tasik, RM Lestari-Kebumen, RM Duta - Ngawi dan Jl Raya Kletek - Surabaya. Kesemua posko mudik Hino turut customer dapat lihat di aplikasi Hino Connect. Sehingga memudahkan pencarian untuk menuju ke lokasi posko mudik terdekat jika terjadi kendala.

Baca Juga:
Komunitas Altis Gelar Aksi Peduli Sesama Secara Marathon

Direktur PO MPM Padang, Sesti Yurfita Sari mengungkapkan, posko mudik yang disediakan sangat membantu menciptakan rasa tenang dan nyaman dalam perjalanan. “Terutama rasa tenang, untuk berjaga - jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apalagi bagi kami yang melayani rute lintas Sumatera yang cukup panjang, seperti Jakarta - Padang,” ungkap Sesti. 

Lanjut Sesti, walaupun PO nya percaya kualitas dari unit-unit bus dari produsen bus dan truk yang mereka pilih tersebut.  “Karena sudah terbukti setiap harinya melayani rute ini. Ditopang lagi selama ini kami senantiasa melakukan perawatan dengan tepat waktu,” ucapnya.


(uda)