Komponen Otomotif

Ban Sport Drag Bisa Dipakai Harian? Accelera: Jangan Komplain Ya!

Accelera Sport Drag buat harian? Boleh tapi jangan komplain soal durabilitas yaaa...! ETI
Accelera Sport Drag buat harian? Boleh tapi jangan komplain soal durabilitas yaaa...! ETI

Autogear.id - Accelera akhirnya meluncurkan produk ban khusus untuk ajang drag race yaitu ban Sport Drag. Ban ini punya spesifikasi yang memang disesuaikan dengan penggunaan di lintasan balap lurus sehingga tapak bagian samping dibuat sedikit membulat untuk mengurangi hambatan angin atau rolling resistance. 

Soal grip ban, sudah pasti cocok dan sesuai digunakan untuk memaksimalkan performa kendaraan dan traksi roda ke permukaan jalan. Lalu bagaimana jika Ada saja yang berpikir untuk menggunakannya di jalan raya? Hal ini pun lantas dijawab langsung oleh Riset & Development PT Elangperdana Tyre Industry, Koko Jatmiko saat berbicara kepada Autogear.id akhir pekan kemarin.

"Ya ban ini kan dikembangkan khusus untuk keperluan balap drag atau balap lurus. Spesifikasinya pun diciptakan khusus untuk bisa mengantarkan tenaga besar mesin ke roda tanpa kehilangan traksi. Jadi tidak ada tenaga yang hilang atau loss. Makanya kompon yang digunakan juga cenderung lunak atau biasa dikenal dengan nama soft compound. Tapi kalau digunakan untuk keperluan harian, ya sah-sah saja," papar Koko.

Namun Koko melanjutkan bahwa tentu ada harga yang harus dibayar untuk itu. Lantaran komponnya kompon lunak, sudah pasti akan cepat aus. Tapi pasti penggunanya juga akan mendapatkan performa mesin yang lebih ril ke putaran roda. Terutama untuk mobil-mobil yang tenaganya besar. 

Baca Juga:
Seseruan di Jakarta, Alex dan Diggia Girang Siap Bikin Kejutan

"Kalau dipakai harian, ya jangan komplain kalau bannya cepat aus, karena memang spesifikasinya memang untuk digunakan di ajang balap drag. Kompon lunak dan tapak bagian samping agak membulat, sudah pasti bikin ban cepat aus untuk digunakan harian."

Ia juga menegaskan bahwa diciptakannya ban khusus untuk balap drag ini tentu punya alasan yang besar. Selain karena mereka ingin membuktikan produk ban buatan mereka juga sangat mumpuni di lintasan balap, juga untuk membuktikan bahwa harga ban khusus untuk drag race pun bisa didapatkan dengan harga yang lebih kompetitif.

Koko menjelaskan bahwa ban ini tidak dijual satuan, melainkan dijual satu set atau 2 buah ban. Alasannya karena orang jarang melakukan penggantian ban untuk 1 ban saja. Minimal dua ban dan itu menjadi acuan mereka dalam melakukan penjualan ban khusus untuk drag race ini.


(uda)