Tarmac Rally Zone Digelar Jelang 'Road to Meikarta' 2021

Suasana balap Tarmac Rally Zone (Foto: Dok. Tarmac Rally Zone)
Suasana balap Tarmac Rally Zone (Foto: Dok. Tarmac Rally Zone)

Autogear.id - Dahaga akan hadirnya sebuah event di tengah endemi Covid-19, mendorong digagasnya sebuah ajang balap bertajuk Tarmac Rally Zone. 

Kegiatan tersebut digelar di Pusat Pendidikan Lalu Lintas Polri Serpong, beberapa waktu lalu, dengan tetap mengedepankan prokes ketat serta pembatasan jumlah penonton.

Menurut Denny Pribadi sebagai penanggungjawab acara, Tarmac Rally Zone ini konsep dasarnya sebenarnya merupakan latihan bersama. 

“Bukan event besar atau kejuaraan balap mobil pada umumnya. Melainkan gelaran latihan bersama, yang diperuntukkan bukan hanya buat mobil-mobil reli. Melainkan juga mobil-mobil drift, touring, slalom, bahkan mobil umum,” urai sosok yang akrab disapa Depri ini.

Lebih jauh dikatakannya, tujuan dihelat Tarmac Rally Zone adalah memfasilitasi teman-teman reli pada khususnya, dan juga teman-teman drift, slalom, touring, dan juga para pecinta balap mobil aspal lainnya. 

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai permulaan dari event besar Sprint Tarmac ‘Road to Meikarta’ yang rencananya akan dilaksanakan November 2021”, ucap lelaki yang kini masih aktif di balap ISSOM kelas Retro.

Dalam gelaran satu hari tersebut, tim-tim besar dan privateer yang rindu event digambarkan Depri begitu antusias. Hal tersebut juga bisa dilihat dari pendaftaran peserta yang mencapai kuota maksimal, sebanyak 50 mobil.

Pada acara yang baru pertama kali diadakan dengan format track beton flat yang sangat luas, latihan juga dilakukan dengan berbagai macam handicap dan teknik. 

Mulai dari teknik ‘donut’ yang sekarang ini sedang booming di kejuaraan WRC. Kemudian latihan zig-zag, menarik hand-brake, u-turn patah/lebar, street 300 meter, dan banyak lagi.

Dikatakan Depri, selain latihan bersama, para peserta juga berkesempatan menyeting mesin, suspensi, ECU, pemilihan ban, hingga tekanan angin. Karena di lokasi tersedia truk tyre changer untuk melepas dan memasang ban, dukungan dari salah satu pabrikan ban di Indonesia.  

Tarmac Rally Zone turut diramaikan oleh sejumlah tim balap seperti Gazpoll, HTJRT, RART, Banteng Motorsport, Suzuki Motorsport, Riverside Rally Team, JPX Drift Team, GATI Motorsport, R Speed, SWR Modification, RFT Motorsport, Bintang Automotive, Orange Racing Committee dan lainnya.

Juga terselenggara atas dukungan sejumlah pihak, antara lain TotalEnergies, GT Radial, Otto Ban, Krating Daeng, Prestone Brake Fluid, NGK Busi, Willbern, Le Minerale, Kopiko Lucky Day, JPX Helmet, Primaya Hospital, Semiran Ban, dan Rumah Makan Padang SA Sederhana.


(acf)