Test Drive

Road Trip Jakarta-Bali Naik Ioniq 5 dan 6, Apa Istimewanya?

Menggunakan mobil listrik untuk perjalanan jarak jauh? Hmmm, tak ada masalah! AG-Alun
Menggunakan mobil listrik untuk perjalanan jarak jauh? Hmmm, tak ada masalah! AG-Alun

Autogear.id – Kegiatan Charge. Set. Travel: Media Drive Experience with Ioniq 5 dan Ioniq 6 menempuh rute Jakarta – Bali selama 5 hari sukses terselenggara. Uji kendara yang melibatkan 3 unit Hyundai Ioniq 6 dan 5 unit Ioniq 5 berhasil mengeksplorasi sejumlah keunggulan, yang dimiliki oleh dua model mobil listrik andalan Hyundai Motors Indonesia tersebut.

Puluhan jurnalis media nasional berkesempatan mencoba ragam fitur yang tersedia pada Ioniq 5 dan Ioniq 6. Melibas rute menantang, menempuh jarak sekitar 1200 Km, dari kantor Hyundai di SCBD, Jakarta dan finish di Nusa Dua, Bali (2-6/10/2023). Dalam kegiatan road trip ini, yang disediakan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) adalah Ioniq 5 Bluelink Signature Long Range. Memiliki baterai kapasitas 72,6 KWh, yang digadang-gadang mampu menempuh jarak hingga 481 km, dan akselerasi 0 - 100 km/jam dalam waktu 7-8 detik. Sedangkan Ioniq 6 mampu melaju 0-100 km/jam, hanya dalam waktu 5,1 detik. Untuk kecepatan maksimalnya 185 km/jam.

Perjalanan ini kiranya ingin menegaskan kedigdayaan dua model tersebut, sebagai mobil listrik ramah lingkungan, dalam menempuh rute jarak jauh sesuai dengan preferensi pengguna. Sebut saja misalnya di hari pertama, ketika melahap aspal tol Trans Jawa rute Jakarta–Semarang, para peserta bisa menikmati perjalanan jauh dengan electric vehicle (EV).

Menurut Product Expert PT HMID, Bonar Pakpahan, di Nusa Dua, Bali, Kamis (5/10/2023), mengendarai dua model EV ini membuat pengguna worry-free, bebas khawatir kendati harus melahap jarak tempuh yang panjang. “Fitur-fitur yang ada pada mobil ini mulai dari Remote Start/Stop Climate Control, Schedule Climate Control, Link Personal Calendar to App dengan aplikasi Hyundai Bluelink, Voice Command, Navigation, Send Destination to Car, dan lainnya beserta jaringan EV charging station yang telah tersedia, tak perlu membuat pengguna khawatir,” urai Bonar penuh semangat, dalam mengomentari dua gacoan dari pabrikan mobil asal Korea ini.

Baca Juga:
Biar Lebih Aktif, Beberapa Sentuhan Baru Diberikan Pada Corolla Altis

Sewaktu melalui rute-rute yang ditentukan, sebut saja rute Semarang - Surabaya, para peserta berkesempatan merasakan sensasi berkendara menggunakan kendaraan listrik yang ditopang desain eksterior dan interior yang lumayan futuristis. Salah satu yang dapat dikulik lebih jauh adalah teknologi Hyundai Bluelink yang kini memang telah hadir di Ioniq 5. 

Lalu disaat melewati rute Surabaya - Banyuwangi di hari ketiga, para peserta bisa menikmati pengalaman berkendara berkat teknologi Hyundai Smartsense. Terlebih ketika melalui berbagai profil jalan menantang, kelokan dan tanjakan khas jalur Pantai Utara Jawa. Lanjut di hari keempat, para peserta semakin dijamu keseruan berkendara jarak jauh. Karena sudah kompatibel dengan stasiun pengisian daya dari PLN, bahkan ketika melintasi pulau sekalipun. 

Untuk Bluelink sendiri terdiri dari 60 fitur, di mana 19 fitur, di antaranya sengaja dirancang untuk membuat perjalanan jarak jauh semakin seamless. “Beberapa fitur favorit yang bisa dimanfaatkan peserta, dan banyak digunakan pelanggan dari teknologi Bluelink yang terkoneksi di smartphone. Antara lain Energy Consumption Monitoring, Time-Fencing Notification, Nearby Charging Station Finder, Speed Notification, Set Charging Limit, Charging Schedule, dan Destination Sharing,” papar Head of Service Planning and Strategy HMID, Suprayetno, di Nusa Dua, Bali, Kamis (5/10/2023).

Bagaimana dengan Ioniq 6? Performanya tak terlepas dari penggunaan dual motor bersistem penggerak all-wheel drive, yang mampu menghasilkan daya sebesar 239 kW dan torsi sebesar 605 Nm. Semakin membuat sumringah, karena didukung interior cocoon-shaped untuk kenyamanan optimal di dalam kabin. Menciptakan pengalaman road trip lebih berbeda, ketika melalui berbagai kondisi jalan yang kurang bersahabat. 


(uda)