Komunitas Otomotif

Urban Picnic Jadi Ajang Komunitas Suzuki Unjuk Rasa

Suzuki kumpulkan semua pengguna mobil Suzuki dan seseruan bersama komunitas jelang akhir tahun. AG-Alun
Suzuki kumpulkan semua pengguna mobil Suzuki dan seseruan bersama komunitas jelang akhir tahun. AG-Alun

Autogear.id - Banyak cara dilakukan oleh anggota komunitas otomotif roda empat. Melakukan unjuk rasa mempertontonkan eksistensi, sekaligus bentuk solidaritas sesama mereka. Seperti yang terekam dalam kegiatan Suzuki Day - Urban Picnic. Sebuah aktivitas berwujud Jambore Suzuki Club 2022, diselenggarakan 14 klub resmi Suzuki, dan bersinergi dengan Suzuki Indonesia dengan mengusung tema “One for All”.

Dalam kemeriahan yang berlangsung di Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII, Jakarta Timur, Sabtu (10/12/2022), ribuan anggota klub dan komunitas Suzuki dari seluruh Indonesia berkumpul. Memeriahkan acara yang mengedepankan kreativitas dan kegembiraan ini, 14 klub Suzuki mobil memboyong ciri khas dan karakternya masing-masing.

Seperti Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC), komunitas rescue yang berdiri sejak 2019, dan selalu mengutamakan aktivitas sosial yang bersifat kemanusiaan. Dalam kegiatan Suzuki Day - Urban Picnic, SCRC membawa perangkat alutsista mereka. Mulai dari perlengkapan tenda pengungsi, perahu karet, mobil ambulans, tim medis dan sejumlah perangkat lainnya.

Selain itu, SCRC juga melakukan edukasi kepada ribuan anggota klub, komunitas serta pengunjung Jambore yang hadir. Seputar kegiatan tanggap bencana, dan bagaimana menyikapinya. Dikatakan Ketua Umum SCRC, Rachmat Pangestu, SCRC merupakan komunitas sosial beranggotakan berbagai member club Suzuki. Berdiri untuk melakukan aksi sosial dan tanggap darurat.

Baca Juga:
Porsche Bakal Bawa Mobil Sportnya ke PWRS Sentul 2023

“Salah satunya mendistribusikan bantuan dan donasi kepada masyarakat yang membutuhkan. Seperti November lalu dan masih berjalan, kami berikan donasi untuk para korban bencana gempa bumi Cianjur, Jawa Barat,” kata Rachmat. 

Hal tersebut menurutnya merupakan salah satu bentuk kepedulian mereka sebagai club resmi Suzuki, serta Suzuki kepada masyarakat Indonesia. Dia pun berharap, kegiatan yang telah SCRC lakukan, maupun kegiatan SCRC ke depannya dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat yang membutuhkan. Sehingga dapat menjadi pelipur lara, di tengah duka nestapa.

Lain lagi dengan komunitas Ertiga Mania (Erman). Membawa member puluhan orang beserta kendaraannya, ke acara Suzuki Day - Urban Picnic 2022 yang gegap - gempita ini. Sebetulnya bukan hanya member, mereka pun membawa anggota keluarganya. Seraya menikmati keceriaan urban picnic, sebagai salah satu bentuk “healing”, setelah sekian lama terkekang pandemi Covid-19.

“Ada dari chapter East Java, Bandoeng, Kepri, dan Jabodetabek ikut menyemarakkan acara yang ramai dan meriah ini. Dan memang, overall Urban Picnic ini sangat baik. Mulai dari penataan lokasi, UMKM nya serta fasum juga oke,” tutur Ketua Umum Nasional Erman, Dimas. 

Baca Juga:
Bentley Kembali ke Indonesia Melalui Tangan Dingin Eurokars

Mereka pun berharap, silaturahim antar komunitas Suzuki tetap terjalin baik dan hangat. Bisa diadakan secara rutin. “Karena menurut kami, tidak harus sedarah untuk menjadi saudara,” terang Dimas. Uniknya, dalam kegiatan Jambore Suzuki 2022 tersebut, Erman memajang puluhan Wayang di booth mereka. Alhasil mengundang perhatian seantero pengunjung yang datang. Dan kiranya Erman punya alasan tersendiri ketika melakukannya. 

“Kami ingin ragam budaya lokal, seperti kesenian Wayang bisa tetap dikenal oleh generasi milenial sekarang. Meski kita tidak memberi pagelarannya karena tidak ada yang berprofesi sebagai dalang. Tapi setidaknya, Wayang tetap eksis dan kita kenal sebagai kesenian asli Indonesia,” tutur Dimas.

4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra mengatakan, SIS sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada rekan-rekan SCRC dan 14 club resmi Suzuki Indonesia yang tetap kompak dan menunjukkan semangat solidaritas tinggi hingga kini.

“Terima kasih para anggota club, komunitas ataupun pemilik Suzuki lainnya di seluruh wilayah di Indonesia atas loyalitasnya terhadap Suzuki selama ini. Meskipun ada teman-teman di wilayah yang jaraknya jauh tidak dapat hadir di Jambore Suzuki Club 2022, tapi kami yakin semangat mereka akan tetap sama. Suzuki Indonesia berharap, baik seluruh anggota club maupun brand, dapat terus menjalin silaturahmi yang baik dan memberikan dampak yang positif kedepannya,” tutup Donny.  


(uda)