Komponen Otomotif

Anti-Mainstream, Goodyear Fokus Riset Ban untuk di Bulan

Produsen ban Goodyear Tire & Rubber Company fokus dalam pengembangan ban khusus untuk digunakan di bulan. GY
Produsen ban Goodyear Tire & Rubber Company fokus dalam pengembangan ban khusus untuk digunakan di bulan. GY

Autogear.id – Sejarah mengatakan, Goodyear Tire & Rubber Company memasok produk-produk esensial untuk program Apollo NASA, termasuk misi Apollo 11 yang mendarat di Bulan 53 tahun yang silam. Melanjutkan tradisi, Goodyear akan fokus pada ban kendaraan Bulan. Produsen ban ini bergabung dengan Lockheed Martin, dalam pengembangan kendaraan bergerak untuk kondisi di satelit dari Bumi tersebut.

Selama bertahun-tahun sejak berpartisipasi dalam program Apollo, Goodyear terus berinovasi bersama NASA mengembangkan disain ban kendaraan untuk beroperasi di Bulan. Goodyear bermaksud untuk menjadi yang pertama mewujudkan operasional kendaraan bergerak komersial penggunaan jangka panjang di Bulan. Membuat komponen misi-kritis dalam melintasi permukaannya.

Wakil Presiden Kampanye Eksplorasi Bulan di Lockheed Martin, Kirk Shireman mengatakan program Artemis NASA untuk tinggal dan bekerja di Bulan jelas memiliki kebutuhan akan kendaraan khusus. Baik yang dikemudikan oleh astronot maupun yang dioperasikan secara mandiri tanpa awak di dalamnya.

“Kami sedang mengembangkan generasi baru kendaraan bergerak di Bulan agar tersedia tidak hanya untuk NASA, tetapi juga untuk perusahaan komersial dan bahkan badan antariksa lainnya dalam eksplorasi sains dan peradaban manusia,” tuturnya.

Baca Juga:
Porsche Bikin e-Bike? Apa yang Istimewa?

Dalam kerja sama ini, Goodyear memanfaatkan teknologi canggih ban tanpa udara, yang digunakan di Bumi dengan mobilitas mikro, angkutan otonom, dan kendaraan penumpang.

“Semua yang kami pelajari dari pembuatan ban untuk lingkungan operasi yang sangat sulit ini akan membantu kami membuat ban tanpa udara yang lebih baik di Bumi,” sebut Wakil Presiden Senior, Pemimpin Pengembangan Teknologi dan Operasi Global di Goodyear, Chris Helsel.

Menurutnya, hal tersebut akan berkontribusi pada tujuan akhir, untuk memungkinkan terjadi mobilitas di mana pun. “Suatu kehormatan bagi Goodyear bisa menulis sejarah bersama dua perusahaan bergengsi, yang tahu bagaimana membuat lompatan besar dalam eksplorasi dan mobilitas,” sergahnya.

Dijelaskan, The Apollo Lunar Rovers atau Penjelajah Bulan Apollo dibuat khusus untuk digunakan hanya beberapa hari. Dalam perjalanan berjarak lima mil dari lokasi pendaratan mereka. Misi mendatang akan melintasi medan yang berat, dengan jarak tempuh yang lebih jauh, dan beroperasi dalam suhu ekstrem yang hebat.

Baca Juga:
Sengitnya Brio Slalom Challenge Semarang, Tembus 95 Peserta

Kemampuan dan fitur baru perlu dikembangkan untuk ketahanan ban dalam bertahun-tahun dan bahkan bertahan di malam hari dengan suhu di bawah -250 derajat Fahrenheit dan suhu siang hari di atas 250 derajat Fahrenheit.


(uda)