Tips Berkendara Aman dan Nyaman

Jangan Asal, Riding Pakai Motor Sport Fairing Wajib Paham Ini!

Berkendara motor sport ber-fairing butuh perilaku khusus agar tetap nyaman dan aman. Yamaha
Berkendara motor sport ber-fairing butuh perilaku khusus agar tetap nyaman dan aman. Yamaha

Autogear.id - Para penggemar motor sport fairing dikenal memiliki kebanggaan tersendiri saat memacu kendaraan milik mereka di jalanan. Aktif dalam keseharian maupun hobi menggunakan jenis motor yang memiliki tampilan gagah itu, membuat mereka makin percaya diri saat berkendara. Apalagi dengan riding position yang sporty kian menguatkan kecintaan biker terhadap motor sport fairing.
 
Hal itu pun diungkapkan oleh Ridho Wisnu, pemuda berusia 20 tahun asal Semarang, Jawa Tengah yang memilih All New R15M Connected-ABS sebagai partner berkendaranya. Menurut Wisnu, panggilan akrabnya, dia menyukai tampilan motor sport fairing teranyar Yamaha itu dan beragam fitur modern yang mendukungnya saat riding. 

Dengan menerapkan posisi tubuh yang tepat saat berkendara, mendukungnya menikmati keliling kota Semarang hingga Kopeng di Salatiga. Selain itu, Wisnu juga dapat mempraktekkan teknik berkendara yang benar di sirkuit berkat arahan Yamaha Riding Academy (YRA) kala bergabung sebagai peserta event bLU cRU Fun Riding di sirkuit Mijen pada Februari 2022 lalu.
 
”Saya juga punya R15 generasi sebelumnya dan cocok dengan motor ini. Jadi saat ada yang baru yaitu All New R15M Connected-ABS, saya langsung beli. Desain mirip moge keren banget, lalu fitur-fitur motor ini juga bermanfaat ketika di jalanan," papar Ridho Wisnu. 

Baca Juga:
Bukan Cuma Jualan Yamaha Boyong Motor Konsep ke Jakarta Fair 2022

Ia juga menyebut fitur yang punya daya guna tinggi untuk penggunanya. "Soal fitur saat jalanan licin karena hujan dengan adanya TCS (Traction Control System) mengurangi risiko ban belakang selip. Lalu riding position All New R15M Connected-ABS sporty, enak dikendarai. Karena saya juga sudah terbiasa pakai motor sport fairing, jadi makin membantu untuk menerapkan posisi tubuh yang tepat agar semakin nikmat mengendarai motor ini."
 
Tampilan serta fitur dan teknologi modern menjadi keunggulan motor sport fairing saat ini yang memikat konsumen. Agar makin lengkap dalam merasakan kualitas motor sport fairing, juga perlu diperhatikan posisi tubuh yang benar agar kian enjoy memacu tipe motor ini.
 
Adapun beberapa tips ringan posisi tubuh yang tepat saat berkendara motor sport fairing adalah:
1.Kenali karakter posisi berkendaranya agar biker dapat menyesuaikannya ketika menjajal motor sport fairing.
2.Walaupun tipe motor sport dan posisi tubuh cenderung menunduk, namun badan diupayakan selalu relaks.
3.Posisi kepala menghadap ke depan agar pandangan tetap luas, hindari terlalu menunduk karena akan membuat pandangan terbatas dan akan sulit jika melewati jalan dengan banyak tikungan.
4.Bahu dan tangan menyesuaikan posisi stang, usahakan tangan tetap menyiku. Hindari posisi tangan lurus ini akan membuat pengendalian kurang maksimal terutama saat menikung.
5.Pegang stang motor dengan cukup kuat dan relaks, hindari terlalu kuat dan kaku ini akan membuat pengendalian akan lebih sulit.
6.Posisi duduk menyesuaikan dari posisi tangan dan bahu serta postur / tinggi badan pengendara dengan target tetap relaks.
7.Posisi lutut mendekap tangki / body sepeda motor baik saat trek lurus maupun tikungan untuk menjaga keseimbangan sepeda motor.
8.Posisi kaki menghadap ke depan, hindari posisi terbuka. Juga hindari selalu stand by di atas rem / pedal shift, tanpa sadar ditakutkan kaki selalu menginjak rem dan motor mengerem.

Baca Juga:
Masih Hidup, Suzuki Stimulus Segmen Roda Dua dengan Program Ini

 
Dengan posisi berkendara yang berbeda dengan tipe motor lainnya, ada baiknya pengguna motor sport fairing menerapkan posisi tubuh dengan benar. Hal ini penting diperhatikan agar pengendara makin menikmati saat menjajal motor sport fairing kesayangannya di jalanan.


(uda)