Tips Berkendara Aman

Jangan Touring Jarak Jauh Kalau Belum Paham Hal ini

Tips melakukan touring jarak jauh, wajib memahami ragam hal berikut agar tak mengalami masalah di perjalanan. PTPL
Tips melakukan touring jarak jauh, wajib memahami ragam hal berikut agar tak mengalami masalah di perjalanan. PTPL

Autogear.id - Touring naik motor baik sendiri maupun bersama teman, menjadi kegiatan yang akan selalu memberi kesenangan tersendiri. Namun penting untuk menjadi catatan, bahwa touring jarak jauh juga punya risiko sangat tinggi. Terutama buat Anda yang belum pernah melakoni hal tersebut. Sehingga sangat penting untuk memahami beberapa hal berikut sebagai persiapan sebelum touring perjalanan jauh.

Persiapan Fisik
Seperti diungkap di atas, touring menggunakan sepeda motor umumnya ditempuh dengan jarak lumayan panjang. Maka dari itu, penting bagi pengendara memiliki stamina yang prima. Lakukan olahraga ringan, setidaknya satu pekan sebelum touring. Persiapan ini juga harus diimbangi dengan pola makan dan istirahat cukup. Selain itu, tak ada salahnya memanfaatkan multi vitamin untuk mengoptimalkan kondisi fisik. 

Perlengkapan Berkendara Wajib
Persiapan lain, terkait dengan perlengkapan berkendara wajib. Dimulai dari helm, pelaku giat touring disarankan menggunakan helm full face. Meski beberapa tak menyukainya, tak bisa dipungkiri helm jenis ini memiliki unsur keselamatan lebih baik. Sementara untuk jaket dan celana, pilih yang nyaman dan dilengkapi ventilasi. Alangkah baiknya kedua perlengkapan berkendara ini memiliki pelindung. 

Begitu pula dengan sarung tangan. Adanya protektor tentu dapat meminimalisir cedera ketika terjadi insiden di jalan. Di samping itu, pengendara juga wajib memakai sepatu paling tidak menutupi mata kaki. Lalu, jangan sampai lupa membawa jas hujan. Item ini penting dan wajib dibawa terlebih jika touring dilakukan di akhir tahun yang masuk musim hujan. 

Baca Juga:
Doyan Transmisi Manual? Pahami Kebiasaan Ini Biar Transmisi Awet

Cek Kondisi Sepeda Motor
Sebelum touring, Anda wajib mengecek kondisi sepeda motor. Untuk pemeriksaan secara menyeluruh, dapat dilakukan ke bengkel terpercaya untuk mengefisiensi waktu dan tenaga. Tapi, ada hal lain yang dapat dilakukan sendiri seperti mengganti oli mesin. "Sebaiknya, ganti oli mesin baru sebelum touring. Dengan begitu, selama perjalanan pemilik dapat merasakan tenaga yang optimal," kata Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL).

Agar bisa merasakannya, spesifikasi pelumas harus sesuai kebutuhan motor. Seperti halnya Pertamina Lubricants dengan oli Pertamina Enduro Series. Pelumas ini hadir dalam beberapa varian untuk motor manual maupun matic. Bahkan tersedia pula gear oil atau oli transmisi untuk motor matic. 

"Pelumas menjadi bagian penting untuk mesin. Pelumas Pertamina juga dilengkapi zat aditif terbaik untuk perlindungan maksimal terhafap mesin. Lantas keberadaan varian pelumas Pertamina Enduro yang lengkap, menjadi bukti komitmen kami dalam memenuhi keinginan pengguna sepeda motor di Tanah Air," terang Brahma. 

Toolkit Set dan Penambal Ban
Setelah pengecekan kondisi sepeda motor, lengkapi barang bawaan dengan toolkit set sederhana misalnya kunci pas yang umum dipakai di motor. Termasuk juga alat penambal ban untuk mengantisipasi andaikata mengalami bocor ban di lokasi yang jauh dari bengkel.

Baca Juga:
Antisipasi Libur Nataru, Daihatsu Buka 2 Posko dan 168 Bengkel Siaga

Kenali Rute Touring
Mengenali rute touring juga tak kalah penting. Dengan begini, pengendara dapat menentukan rute yang ingin dilalui sekaligus mengestimasi waktu perjalanan dan istirahat. Alangkah baiknya melengkapi sepeda motor dengan phone holder untuk memantau trek melalui peta digital. 
Sebagai catatan terakhir, upayakan rehat maksimal setiap 2 jam berkendara dan patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas.


(uda)