Motor Baru

Skutik Premium Aprilia SR-GT 200 Meluncur, Harga Rp60 Jutaan

Aprilia SR GT resmi meluncur untuk pasar otomotif Indonesia dan ramaikan pasar skuter matic premium. Aprilia
Aprilia SR GT resmi meluncur untuk pasar otomotif Indonesia dan ramaikan pasar skuter matic premium. Aprilia

Autogear.id – Menuai perhatian sejak pertama kali dipamerkan pada ajang EICMA 2021, di Milan, Italia,  Aprilia SR-GT 200 akhirnya resmi memasuki pasar Indonesia. PT Piaggio Indonesia merilisnya langsung di Dome Senayan Park, Senayan, Jakarta Pusat.

Kendati sejak sehari sebelumnya hujan turun membasahi wilayah Jakarta dan sekitarnya, pagi itu Sabtu (16/7/2022) tak menyurutkan semangat pabrikan asal Italia tersebut meluncurkan produk yang sebelumnya sempat diperkenalkan sekilas di ajang balap MotoGP Mandalika, awal tahun lalu. Bahkan peluncuran skutik produksi Vietnam ini turut dibanjiri kehadiran ratusan insan media.

Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega mengatakan, setiap brand di Piaggio Group selalu memiliki ciri khas, karakteristik, kepribadian dan alasan yang menjadikannya dapat diandalkan. “Setiap brand menyuarakan kekhasan Italia dalam hal gaya, ekspresi, mewarisi sejarah yang kaya akan pencapaian dan tonggak sejarah, dan tentunya memiliki tren teknologi modern terkini,” ucapnya.

Menurutnya, Aprilia merupakan brand sporty andalan Piaggio Group dengan warisan kuat di dunia balap yang telah memenangkan 294 Grand Prix sehingga menjadikannya pabrikan Eropa yang memegang rekor kemenangan terbanyak dalam sejarah kompetisi kendaran roda dua dan tentu dengan kemenangan lain di masa mendatang.

Baca Juga:
Sstt...! All New Honda Civic Type R Nongol Pekan Depan Lho!

“Tidak hanya mengedepankan teknologi engineering Italia, Aprilia juga membawa desain khas Italia dengan menjadi brand dengan pencapaian balap terbaik dalam sejarah. Semangat sportif tersebut melahirkan kendaraan dinamis dan tradisi juara yang menjadi DNA-nya,” ujarnya.

Dia menambahkan, kehadiran produk terbaru Aprilia SR-GT 200 bertujuan menggebrak pasar melalui desain mumpuni, menyenangkan untuk dikendarai, serta memberi pengalaman perjalanan yang seru, setiap hari, di mana saja.

Secara desain, stang lebar terbuka pada Aprilia SR-GT diakui Piaggio Indonesia menawarkan kontrol tertinggi, didukung suspensi perjalanan panjang dan ground clearance 175 cm kondusif untuk berkendara di jalanan kota.

Begitupun pada ban, dengan penampang melintang yang luas dan desain tapak yang memungkinkan pengendara untuk bertualang di berbagai permukaan jalan, mulai dari aspal hingga bebatuan dan jalan tanah.

Mesin injeksi elektronik, empat katup dan pendingin cairan terbaru lengkap dengan sistem Start & Stop, bersama silinder tunggal 174cc i-get. Membuat SR-GT 200 menawarkan 13 Tenaga kW pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7000 rpm.

Baca Juga:
18 Kelas dan Ribuan Penonton Siap Pecahkan Kejurnas Motorprix Seri 3 Sentul

Bicara sistem Start & Stop yang dikenal dengan RISS (Regulator Inverter Start & Stop System) menghilangkan starter tradisional, yang diganti dengan perangkat listrik tanpa sikat yang dipasang langsung di poros engkol. Ini juga secara otomatis mematikan mesin 1 sampai 5 detik setelah skuter berhenti (tergantung pada apakah mesin telah mencapai suhu operasi yang benar atau tidak). Sedikit putaran throttle sudah cukup untuk menghidupkan kembali mesin secara instan, dalam keheningan total, karena tidak ada starter tradisional.

Tarikan garis dari sampingnya terlihat langsing dan ramping, dengan overhang yang dikurangi.  Kolom tengahnya selain untuk menampung tangki, juga berfungsi untuk menghubungkan bagian depan dan belakang. Jok Aprilia SR-GT sedikit ditarik mundur, sehingga memberi kesan ‘active and ready’.

Bagian depannya menonjolkan klaster tiga lampu full LED, ciri khas dari motor-motor sport Aprilia, serta fairing ganda yang muncul di sisi pelindung. Ada pula penambahan kaca penahan angin di antara stang lebar terbuka.

Rangka dudukan gandanya, dalam tabung baja berkekuatan tinggi dipasangkan dengan suspensi jarak jauh baru yang dikembangkan khusus untuk model ini. Bobot skutik premium ini 148 Kg saat tangki. Mengintip kaki-kaki, pelek alloy ringan 14 inci depan dan 13 inci belakang, dibantu ban penampang lebar (110/ 80 dan 130/70).

Sistem pengereman menggunakan cakram depan petal 260 mm, yang terasa lebih ringan dan lebih mampu membuang panas, sehingga menjadikan performa lebih baik. Sementara bagian belakang dilengkapi cakram 220 mm (berbentuk kelopak untuk versi Sport).

Baca Juga:
Angkat Nuansa 80-an, Royal Festival Target Dibanjiri Ribuan Bikers

Aprilia SR-GT 200 seharga Rp 60 juta untuk tipe standar tersedia dalam tiga warna. Yakni Aprilia Black, Street Grey, dan Infinity Blue, masing-masing dipasangkan dengan foot peg, side, dan pegangan tangan penumpang berwarna abu-abu keperakan. Roda dan sadelnya tampil dalam balutan warna hitam dengan jahitan abu-abu.

Sementara untuk versi Sport, SR-GT 200 dipatok harga Rp 61,5 juta, hadir lebih dekat dengan skema warna matte Street Gold, Iridium Grey dan Red Raceway. Semuanya berpadu dengan velg bercat merah dan sadel dua warna hitam dan abu-abu yang dilengkapi dengan jahitan merah.

Foot pegs abu-abu keperakan menampilkan huruf Aprilia, sedangkan kolom tengah dan samping berwarna hitam matte, dengan pegangan penumpang yang serasi dengan motor tersebut. Sebuah 'a' besar untuk fitur Aprilia juga ditambahkan di sisi perisai.


(uda)