Komunitas Otomotif

Ratusan Bikers Geber-Geber Moge di 'Rumah Rakyat', Ada Apa Ya?

Komunitas moge geber-geber motor di rumah rakyat. AG-Alun
Komunitas moge geber-geber motor di rumah rakyat. AG-Alun

Autogear.id – Raungan suara motor besar (moge) menggema, ketika ratusan bikers beserta tunggangannya tampak berduyun-duyun memasuki pintu gerbang bagian belakang Gedung MPR/DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (12/2/2023). Sontak, halaman dari bangunan yang dijuluki “Rumah Rakyat” itu diramaikan penampakan moge berbagai jenis dan tipe, serta bikers dari beragam klub dan komunitas. 

Tentunya menjadi sebuah pemandangan tak lazim, yang mengundang pertanyaan, ada apa gerangan? Ternyata, kedatangan kelompok-kelompok bikers itu bukan ingin berunjuk rasa atau menyampaikan aspirasi kepada wakil rakyat. Mereka ingin berdemonstrasi, tapi demonstrasi dalam mempertontonkan kepiawaian masing-masing ketika mengendarai moge yang safety.

Garrison Motoforge Safety & Skill, Coaching & Contest, sebuah acara yang diinisiasi Garrison Motoforge. Di mana selain coaching clinic, atau edukasi berkendara moge aman dan nyaman. Juga dihelat kontes gymkhana dan rodeo mengendarai moge, diikuti perwakilan klub dan komunitas yang hadir.

Dalam sambutannya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo mengatakan, tercatat jumlah kendaraan roda dua di Indonesia sekitar 150 juta unit. Tingkat kecelakaan yang melibatkan penggunanya juga relatif tinggi.

Baca Juga:
Fazzio VS Grand Filano? Bukan Tandingannya Bruh!

“Tingginya kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) pengguna kendaraan di Indonesia, korbannya sampai 100 ribu orang, dan 26 ribunya meninggal dunia. Tingginya kasus tersebut, penyumbang terbesar adalah pengguna motor, sebanyak 70 persen,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet, yang juga menjabat Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Menurutnya sangat dibutuhkan peran swasta dalam membantu mengatasinya. Tanpa harus mengeluarkan budget pemerintah. “Berkendara motor di jalan raya berisiko tinggi. Seperti diceritakan seorang karyawan saya. Dia berangkat dari Bekasi, melewati kemacetan, jalan rusak, risiko menabrak kendaraan lain, dan banyak lagi. Tak ada salahnya pihak swasta ikut memperhatikan hal ini,” ucapnya.

Kegiatan juga disambut baik Kabid Roda Dua dan Motorsport IMI DKI Jakarta, Supriyono. “Seperti yang disampaikan Ketua Umum IMI, memang kehadiran swasta dalam program keselamatan berkendara sangat diperlukan. Sejalan dengan apa yang menjadi agenda IMI tahun ini, terutama di bidang roda dua dan motorsport. Bahwasanya keselamatan berkendara, menjadi concern semua pihak. Kami senantiasa mendukung kegiatan positif semacam ini,” tukasnya.

CEO Garrison Motoforge, yang juga Ketua Penyelenggara, Alex Valdy Lahallo menegaskan, memang mengendarai motor sangat menyenangkan. Namun juga perlu standar keahlian, demi menjaga keselamatan berkendara. Baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Baca Juga:
Superbike Aston Martin AMB 001 Nongol di Momen Peresmian 2Wheelers

“Untuk itu kami adakan kegiatan safety riding, yang menggabungkan edukasi dan kontes. Selain peserta mendapat edukasi dan ilmu keselamatan berkendara. Saat kontes, peserta termotivasi dalam meningkatkan kemampuan berkendara yang baik,” ulasnya. 


(uda)