Penjualan Kendaraan

Terkendala Chip Semikonduktor, New Honda ADV 160 Dijual 'Seadanya'

Ingin membeli New Honda ADV 160? Siap-siap masuk daftar tunggu karena kelangkaan komponen chip semikonduktor. AHM
Ingin membeli New Honda ADV 160? Siap-siap masuk daftar tunggu karena kelangkaan komponen chip semikonduktor. AHM

Autogear.id - Pabrikan yang memproduksi chip semikonduktor memang mulai melakukan produksi lebih banyak. Namun jumlah permintaan yang sangat banyak lantaran terjadinya kelangkaan yang masif di momen pandemi, juga tetap menjadi kendala tersendiri bagi produsen kendaraan untuk memenuhi permintaan yang mulai ramai.

Apalagi dengan diluncurkannya beberapa kendaraan baru, menjadi indikasi bahwa permintaan komponen ini akan banyak. Tentu pemenuhan permintaan juga hanya bisa dilayani separuhnya saja, karena berbagi dengan produsen kendaraan lainnya. Salah satu produk yang baru diluncurkan dan disinyalir bakal mengalami inden adalah New Honda ADV 160 yang baru meluncurkan pekan lalu.

Bahkan menurut Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya bahwa target penjualan motor skutik yang masuk di segmen skutik adventure ini tak disebutkan secara ril angkanya. Mereka hanya ingin memaksimalkan penjualan New ADV 160 dengan unit yang tersedia seadanya.

"Kendala chip semikonduktor ini memang masih cukup mengganggu lini produksi dan penjualan kendaraan roda dua di semua lini. Bahkan untuk produksi seluruh jenis kendaraan di pasar global. Maka dari itu kami hanya bisa memaksimalkan penjualan kendaraan dengan stok yang tersedia dari pabrikan," ujar Thomas pada momen peluncuran motor yang bakal flagship di segmen 160 cc itu.

Baca Juga:
7 Tips Merawat Aki Motor, Jangan Asal Pasang Aksesoris

Namun Ia juga optimis bahwa produsen chip semi konduktor akan menggenjot produksi komponen itu untuk mengejar permintaan yang besar. Dan jika ini sudah bisa mereka lakukan, produksi kendaraan bisa normal lagi, tinggal menyesuaikan dengan kondisi permintaan pasar.

"Kami tetap optimis pemulihan kondisi pasar otomotif global dan juga nasional yang terdampak kelangkaan chip semikonduktor ini, bisa segera terselesaikan. Sekarang produksinya sedang dimaksimalkan dan kami berharap ini bisa segera terselesaikan. Mengingat permintaan kendaraan roda dua untuk semua tipe kendaraan memang sedang tinggi."

Sayangnya Thomas tak menyebutkan secara rinci berapa lama waktu yang mereka butuhkan agar bisa menyelesaikan pesanan New ADV 160 tersebut. Dari beberapa informasi dealer yang beredar, bahwa inden paling cepat itu bisa dilayani sekitar satu bulan sejak SPK dilakukan. Hmm, tentu Anda harus bersabar jika kondisinya sudah begini.     


(uda)