Formula 1 rancis

Pertarungan Red Bull - Ferrari Berlanjut di Trek Abrasif Paul Ricard

Charles Leclerc bawa Ferrari ke posisi pole di F1 Prancis, pasang mode siap tempur di trek yang punya karakter aspal cukup abresif. CL
Charles Leclerc bawa Ferrari ke posisi pole di F1 Prancis, pasang mode siap tempur di trek yang punya karakter aspal cukup abresif. CL

Autogear.id - Pertarungan antara dua kubu tim yang cukup kuat saat ini di ajang balap Formula 1 2022, kembali berlanjut di Sirkuit Paul Ricard, Prancis. Di sesi kualifikasi yang berlangsung pada Sabtu (23/7/2022), memang ada kejutan-kejutan kecil yang ditunjukkan oleh kedua pembalap tim Ferrari. 

Yaitu karena selisih waktunya di sesi Q2 atau kualifikasi kedua, terlihat cukup signifikan, lantaran hampir menyentuh angka 1 detik antara pembalap tim Ferrari yang keluar sebagai yang tercepat dengan duo pembalap tim Red Bull Racing. Tentu jadi takkan baik bagi ajang balapan ini besok, namun seiring waktu di sesi kualifikasi ketiga saat semua menggunakan kompon ban lunak, selisihnya terpangkas jadi lebih realistis.

Hasil ini lantas membawa Charles Leclerc tampil cukup dominan dengan pencapaian waktu tercepat 1 menit 30,872 detik. Ini menjadi satu-satunya waktu tercepat yang diraih oleh pembalap di sesi ini. Leclerc pun merasa cukup bangga lantaran ini menjadi pembuktian seberapa kompetitif mereka dan mobilnya di paruh kedua musim balap tahun ini.

Baca Juga:
Periklindo Electric Vehicle Show 2022, Jadi Pemicu dan Pemacu

"Sirkuit ini terkenal dengan abrasifnya, jadi kami akan melakukan ragam cara agar bisa tampil kompetitif di sesi balapnya nanti. Sedikit akan bermain trik, tapi tentu tak boleh lengah dan tetap fokus dengan strategi yang baik dengan tim," ujar Leclerc usai meraih posisi start terdepan.

Kemudian di posisi kedua diraih oleh Max Verstappen yang bernaung di tim Red Bull Racing dan rekan setimnya yaitu Sergio Perez di baris kedua posisi start. Kejutan juga ditunjukkan oleh Lewis Hamilton. Sang juara dunia F1 berulang kali itu berhasil menempati urutan keempat posisi start untuk balapan bersok.

Sementara Carlos Sainz yang sebelumnya juga tampil apik di dua sesi kualifikasi awal tadi, rupanya lebih bermain strategi. Ia akan mengawali balapan dari grid start terakhir dan harus memikirkan agar bisa tampil kompetitif mengejar ketertinggalan pada balapan besok. Hingga Ia harus mengawali balapan dari grid start paling bontot.

Hasil Kualifikasi F1 Prancis:
1. Charles Leclerc, MON, Scuderia Ferrari
2. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
3. Sergio Perez, MEK, Red Bull Racing


(uda)