Balap Mobil

Ken Block Siap Beraksi dengan Mobil Listrik Ford Fiesta

Ken Block bakal tampil di kejuaraan rally khusus mobil listrik. carscoops
Ken Block bakal tampil di kejuaraan rally khusus mobil listrik. carscoops

Autogear.id: Pereli sekaligus master gymkhana asal Amerika Serikat, Ken Block bakal beraksi dengan mobil andalannya Ford Fiesta. Namun sedikit berbeda karena kali ini Ken Block bakal menggebar Ford Fiesta bertenaga listrik, tepatnya di kejuaraan Projekt E Series Rallycross Championship yang juga didukung oleh FIA. 

Kejuaraan ini akan dimulai pada 23 Agustus di Holjes, Swedia dan ini merupakan kali pertama bagi Ken Block balapan dengan mobil listrik. 

Semua mobil yang berkompetisi di kejuaraan ini memakai body baja, penggerak empat roda, dan powertrain (mesin) dari STARD. Mesin ini dijuluki REVelution, terdiri dari gabungan tiga motor listrik yang menghasilkan tenaga 613 hp dan torsi 740 lb-ft (1.002 Nm). 

Sementara itu, Fiesta milik Ken Block dilengkapi transmisi dua kecepatan yang dipasang pada kedua as roda dan memiliki kecepatan tertinggi 149 mph (240 km/jam).

“Saya ingin ikut serta dalam balap reli listrik lintas dunia pertama di seri Projekt E dalam STARD Ford Fiesta ERX. Mobil ini gila dan saya tidak sabar untuk berada di balik kemudi,” kata Ken Block dilansir dari Carscoops. 

Lebih lanjut, Founder STARD, Michael Sakowicz juga tak kalah penasaran menunggu aksi Ken Block di Swedia. “Kami sangat menantikan untuk melihat Ken membalap dengan Ford Fiesta ERX kami di Holjes. Bukan hanya karena dia adalah salah satu pembalap paling terkenal di dunia namun ini menunjukkan potensi Projekt E bahwa kelasnya mampu menarik pembalap top seperti Ken," terang Sakowicz. 

"Dia (Ken) memiliki pengalaman yang luas di bidang motorsport dan rallycross dan itu akan sangat menarik untuk mendapatkan masukannya. Ken pernah balapan dengan semua jenis mobil gila, tapi saya pikir dia akan sangat terkesan dengan Fiesta ERX," tutupnya. 


(uda)