Motor Baru

Siap-Siap! Motor Petualang Baru dari MV Agusta

MV Agusta siapkan motor petualang bermesin 950 cc, kok mirip Cagiva Elefant dan Honda Africa Twin? Bauer Media Group
MV Agusta siapkan motor petualang bermesin 950 cc, kok mirip Cagiva Elefant dan Honda Africa Twin? Bauer Media Group

Autogear.id - MV Agusta memang sudah beberapa lama tak terdengar kabarnya dalam hal peluncuran produk baru dalam balutan konsep baru. Namun tidak untuk tahun ini, lantaran 2022 adalah tahun mereka akan mengenalkan produk anyar mereka. Dimulai dari motor petualang dengan konsep mesin berkapasitas lebih besar dari versi yang biasa mereka produksi.

CEO MV Agusta, Timur Sardarov mengatakan bahwa mereka dalam empat tahun ke depan bakal meluncurkan ragam produk baru dengan platform mesin baru. Motor petualang yang bakal mereka produksi sebagai awalan bakal menggunakan kapasitas mesin 950 cc namun dengan basis platform mesin 800 cc yang mereka biasa produksi.

"Motor dengan kapasitas 950 cc yang kami bangun ini akan menyajikan seni dalam motor petualang. Memang mengambil basis platform dari mesin motor yang biasa kami produksi, tapi spek mesin kami bikin lebih sesuai untuk motor petualang. Anda akan melihat motor yang lebih berbeda dari motor petualang yang ada saat ini dengan beragam variasi," ujar Timur Sardarov dikutip dari MCN.

Dari data yang dibocorkan media asal Inggris itu, MV Agusta mengklaim tenaga yang bisa dihasilkan motor ini bisa mencapai 121 tenaga kuda pada puntiran mesin 10.000 RPM. Kemudian torsinya bisa mencapai 101,7 Nm pada putaran 7.000 RPM. Tenaga sebesar ini diyakini mampu mencapai kecepatan tertinggi 240 km per jam.

Baca Juga:
Kejutan Keren Motor 'Bollywood' di Etape-3

Sardarov menambahkan bahwa motor yang mereka produksi ini juga akan dibuat untuk versi tertinggi dari mesin 800 cc yang ada sekarang. "The Superveloce, F3, Turismo Veloce, akan punya versi 950 cc juga. Jadi nanti akan ada dua versi."

Adanya platform mesin yang sama ini, tentu mereka sedang menjalankan strategi penjualan untuk memberikan kepercayaan kepada konsumennya. Bahwa apa yang mereka tawarkan di versi adventure juga akan didapatkan untuk versi yang doyan motor naked atau versi balapnya.

Lalu kapan motor ini bakal bisa dinikmati para petualang bermotor? Sardarov belum memberikan penjelasan lebih jauh. Namun ada selentingan informasi yang beredar soal kemunculan motor ini bakal mulai di April 2022. 

Siapkan Motor Balap sebelum Elektrifikasi
Ketika pabrikan otomotif di Eropa mulai berbondong-bondong membuat kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan, MV Agusta malah masih komitmen untuk membuat motor balap. Tentu ini cukup risky, terutama dari sisi pemasaran produk. 

"Kami akan memiliki motor 800 cc, lalu 950 cc lalu terakhir yang versi 1000 cc sebelum masuk ke era elektrifikasi kendaraan-kendaraan kami."


(uda)