Joss! Tekad IMI Adakan Sirkuit dan Sentra Otomotif di Ancol

Penandatanganan jalinan kemitraan antara IMI dan Ancol Beach City berlaku lima tahun (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)
Penandatanganan jalinan kemitraan antara IMI dan Ancol Beach City berlaku lima tahun (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)

Autogear.id - Dalam waktu dekat Indonesia bakal jadi tuan rumah perhelatan balap mobil bergengsi di dunia, Formula E. Kurang dari lima bulan lagi, tepatnya pada Juni 2022, ajang balap mobil listrik tersebut dihelat. Kawasan Ancol pun diplot menjadi tempat berlangsungnya balap Formula E.

Menyikapi hal tersebut, Ikatan Motor Indonesia (IMI) selaku induk organisasi otomotif di Tanah Air, dan mal Ancol Beach City (ABC) selaku pihak yang lokasinya banyak ketempatan dalam kegiatan balap mobil listrik single seater tersebut ikut berbenah diri.

Bambang Soesatyo, sebagai Ketua Umum IMI Pusat mengatakan, sepengamatannya Ancol memang layak menjadi destinasi favorit kalangan otomotif, serta dijadikan salah satu pusat otomotif di Indonesia, terutama di Jakarta.

"Kalau bicara persiapan sirkuit Formula E sudah sejauh mana, itu domainnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, melalui JakPro. IMI selaku regulator serta kepanjangan tangan dari Federasi Automobil Internasional (FIA), bertugas membantu dan menjaga supaya kegiatan balap tersebut berjalan lancar dan sukses," beber Bambang Soesatyo dalam penandatanganan MoU kemitraan antara IMI dan mal ABC, Rabu (19/1/2022).

Lebih lanjut dikatakan mantan wartawan tersebut, terkait mal ABC, IMI melihat bangunan ini selain lokasinya banyak ketempatan terkait sirkuit dan gelaran Formula E, juga layak menjadi sentra otomotif dan pusat kegiatan otomotif.

“Kami lihat mal ABC juga bisa dijadikan tempat kumpul komunitas otomotif, dan segala hal berbau otomotif. Bisa jadi tempat tongkrongan cowok-cowok keren di sini. Jadi cewek-cewek yang masih jomblo, mau cari cowok keren yang gemar otomotif, ya ke sini,” kelakar lelaki yang akrab disapa Bamsoet ini.

Bahkan menurut Bamsoet, tak menutup kemungkinan akan ada sirkuit untuk menghelat beragam kegiatan balap roda dua maupun roda empat di kawasan sekitar mal ABC ini. “Setelah Formula E, kenapa tidak kita buat sirkuitnya untuk kegiatan balap seperti drag race, dan lainnya. Itu bisa saja dilakukan," tukasnya.

Senada dengan Bamsoet, Frans Tairas, Direktur Utama PT Wahana Agung Indonesia Propertindo sebagai pengelola gedung Ancol Beach City yang juga dikenal dengan nama Ancol Mall mengatakan, pihaknya siap menerima siapapun dan apapun kegiatan otomotif yang ingin diselenggarakan di tempatnya.

"Silahkan datang, kami siap menjalin kemitraan. Untuk komunitas maupun klub otomotif roda dua atau roda empat yang ingin mengadakan kegiatan di Ancol Mall, mari menghubungi kami,” tukasnya.

Tekad IMI untuk membuat sirkuit di kawasan Ancol sekilas juga dikomentari oleh Ricky Sitompul, selaku MC balap dan sejumlah kegiatan otomotif di Indonesia. “Di depan mal ini kalau saya perhatikan ada trek lurus sekitar 500 meteran. Nah, kalau untuk dijadikan sirkuit drag race 201 meter, sepertinya oke juga," katanya.

Selama ini berbagai event otomotif berskala menengah hingga besar memang pernah diadakan di Ancol Mall. Seperti Jakarta Supermoto, Eurofest, Jakarta Autofest dan Jakarta Harley Day sukses terselenggara di mal yang terletak di kawasan Pantai Carnaval Taman Impian Jaya Ancol ini.

Adapun terkait kerjasama kemitraan yang ditandatangani antara IMI dan Ancol Mall, ditetapkan berlaku selama lima tahun. “Periode kerja sama ini akan berlaku lima tahun," tukas Bamsoet.


(acf)