Balap Mobil

Putusan IMI Pusat, Agenda Balap Mobil 2020 Dibatalkan?

Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat keluarkan surat pembatalan agenda balap mobil 2020. hjsc
Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat keluarkan surat pembatalan agenda balap mobil 2020. hjsc

Autogear.id: Induk organisasi olahraga bermotor Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat merilis hasil keputusan rapat Pleno IMI 3 IMI Pusat tertanggal 30 Juni 2020 yang menyatakan penghentian dan pembatalan seluruh kalendar olahgara mobil tahun 2020. Hal ini diputuskan mengingat kondisi krisis pandemi Covid-19 yang belum kunjung selesai. 

"Seluruh penyelenggaraan kegiatan yang belum terlaksana sesuai Kalender Nasional Olahraga Mobil tahun 2020, tidak akan dilanjutkan selama tahun 2020," demikian isi dari salah satu poin surat resmi IMI yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum IMI Pusat, A. Harianto. 

Dalam butir lainnya dijelaskan bahwa untuk kejuaraan nasional olahraga roda empat yang telah dilaksanakan sebelum dikeluarkannya Surat IMI Pusat No.162/IMI/A/III/2020 tertanggal 16 Maret 2020, agar tidak diperhitungkan sebagai rangkaian Kejuaraan Nasional pada tahun 2020 karena kondisi force majeure. 

Sebagai tambahan informasi, salah satu cabang kejurnas yang sudah sempat diselenggarakan adalah kejurnas gokart 2020. Kejurnas gokart bahkan sudah bergulir tiga putaran di awal tahun sebelum dihentikan karena pandemi Covid-19. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari promotor kejurnas gokart perihal putusan surat resmi IMI tersebut. 

Pada surat yang sama, butir lainnya juga menjelaskan bahwa kejuaraan yang bersifat klub event atau kejuaraan daerah (kejurda/kejurprov) hingga latihan bersama tetap diperbolehkan, namun harus mematuhi protokol kesehatan standar IMI serta syarat lainnya seperti wajib digelar di zona hijau dan harus mengantongi rekomendasi/izin IMI, Pemda, dan Gugus Tugas Covid-19. 


(uda)