Pameran Otomotif

GIIAS 2020 Tetap Digelar, Ini Komentar Penyelenggara IIMS

Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 batal. dok. medcom
Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 batal. dok. medcom

Autogear.id: Wabah Covid-19 menjadi momok bagi para pelaku industri otomotif nasional. Covid-19 tak hanya memukul penjualan pabrikan kendaraan saja, namun juga merusak agenda pameran otomotif akbar di Indonesia, seperti Indonesia International Motor show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). 

IIMS 2020 sudah resmi batal total alias tidak ada tanggal pengganti. Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS juga sudah mengumumkan fokus mereka akan dialihkan untuk melakukan persiapan agenda di tahun 2021 mendatang. 

Namun sedikit berbeda dengan GIIAS, pameran otomotif garapan Seven Events tersebut sudah diumumkan akan tetap berlangsung meski ada pergeseran jadwal. GIIAS 2020 direncanakan bergulir pada tanggal 22 Oktober - 1 November 2020 mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. 

PT Dyandra Promosindo selaku organizer IIMS turut berkomentar terkait dengan GIIAS 2020 yang tetap begulir. Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh mengatakan pada dasarnya selalu mendukung segala hal yang bertujuan untuk mengembangkan industri otomotif Tanah Air. Hanya saja dalam kasus ini ada perbedaan pandangan antara penyelenggara IIMS dan GIIAS. 

"Menurut kami sampai akhir tahun kondisi pasar sepertinya belum pulih, jadi apa gunanya memaksakan event, nantinya respon dari para customer di bawah 75 persen. Karena itu kami fokus pada sudut pandang kami," kata Hendra Noor Saleh yang sudah ketok palu terkait pembatalan IIMS. 

Pria yang akrab disapa Kohen tersebut menambahkan bahwa sah-sah saja jika pihak lain memiliki analisa dan pertimbangan yang berbeda. 

"Tapi kalau ada yang berpandangan berbeda ya itu yang domain mereka, jadi kami tidak men-judge kami yang benar. Mungkin waktu yang akan menjawab," sambung Kohen. 

Usai mengumumkan pembatalan IIMS 2020, Dyandra Promosindo pun sudah memantapkan rencana tahun depan termasuk tanggal penyelenggaraan IIMS 2021 yang rencananya berlangsung 18-28 Februari 2021 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat. 


(uda)