Layanan Pembelian Mobil

Pertama di Indonesia, Dealer Mobil Ini Jadikan Robot Sebagai Frontliners

Auto2000 manfaatkan sistem robotik untuk layanan frontliners di jaringan dealernya. Auto2000
Auto2000 manfaatkan sistem robotik untuk layanan frontliners di jaringan dealernya. Auto2000

Autogear.id - Berupaya memberi pengalaman baru, serta bentuk interaksi yang inovatif dan personal pada proses pelayanan kepada pelanggan di era digital, Auto2000 menghadirkan Human Assist Technology dalam bentuk Robot Pelayanan.

Diharapkan inovasi ini dapat menciptakan customer engagement, serta pengalaman tak terlupakan, ketika berkunjung ke outlet Auto2000. Sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Robot Pelayanan yang terdapat di cabang Auto2000 ini mengedepankan konsep pelayanan automasi, mengutamakan nilai-nilai mudah, personal dan andal. Beroperasi pada area showroom, pencatatan dan ruang tunggu servis sebagai titik interaksi langsung ke pelanggan.

Memiliki karakter dinamis, serbaguna, multi-tasking, suka menolong, enerjik, cerdas, ceria, dan mampu berteman. Maka tugas robot ini meliputi greeting, pemandu jalan, pramusaji, serta mengantarkan barang kebutuhan pelanggan.

Baca Juga:
Daya Beli Masyarakat yang Utama, Pertamina Jaga Harga Pertalite

Mulai dari mengantarkan welcome drink, katalog informasi produk, peralatan makan dan minum, perlengkapan disinfeksi, dan kebutuhan lain di area hospitality dan ruang tunggu bengkel Auto2000. Bahkan, kehadiran robot tersebut sempat dimanfaatkan, untuk memberikan kejutan kepada pelanggan yang berulang tahun dan sedang berkunjung. 

Selain itu bisa juga bertugas sebagai media promosi bergerak, menampilkan informasi program dan produk terbaru Toyota, serta layanan terkini Auto2000. Termasuk mendukung aktivitas promo dan event lain, serta visual appeal pada acara maupun konten medsos Auto2000.

Penggunaan robot di bagian frontliners masih sangat jarang di Indonesia. Sehingga menjadikan robot milik Auto2000 ini sebagai yang pertama, untuk dealer otomotif di Indonesia. Tahap awal, robot ini ada di Auto2000 cabang Yos Sudarso, Jakarta. Rencananya, akan dihadirkan 26 robot lagi. Tersebar di cabang Auto2000 di seluruh DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Sumatera.

Chief Executive Auto2000, Martogi Siahaan mengatakan, Rabu (9/3/2022), menuju konsep ‘Dealer of Tomorrow - Ultimate Channel’, peran human assist technology menjadi satu hal menarik, dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang berorientasi pada teknologi.

Baca Juga:
Dibanggakan Yamaha, Apa Keunggulan Forged Piston?

“Semoga robot ini dapat menciptakan visual appeal atau impresi unik dan berbeda, ketika pelanggan berkunjung ke Auto2000. Dimana layanan ini menciptakan pengalaman baru dan interaksi inovatif juga personal, bentuk hospitality  bersama robot plus karyawan frontliners Auto2000”, tuturnya.

Lanjut Martogi, diharapkan juga akan menciptakan pengalaman berbeda yang melampaui ekspektasi pelanggan, dalam upaya menyambut era customer mobillity. Menjadi pionir dalam menyajikan konsep pelayanan ‘autonomous & frictionless services’.

“Sesuai pelayanan di outlet masa depan Auto2000, yang mengacu pada Safety, Adaptive, Frictionless dan Eco friendly (SAFE), khususnya pada poin adaptive dan frictionless. Berupaya memberi terobosan bentuk pelayanan baru,” pungkasnya.


(uda)