Serba-Serbi MotoGP

Menangi MotoGP Styria, Rider Portugal Miguel Oliveira Cetak Sejarah

Menangi MotoGP Styria, Miguel Oliveira cetak sejarah sebagai rider Portugal yang mampu menjuarai balapan MotoGP. twiter/ktmtech3
Menangi MotoGP Styria, Miguel Oliveira cetak sejarah sebagai rider Portugal yang mampu menjuarai balapan MotoGP. twiter/ktmtech3

Autogear.id: MotoGP Styria yang berlangsung Minggu (23/8/2020) menghadirkan sejarah baru usai pembalap asal Portugal, Miguel Oliveira keluar sebagai pemenang. 

Balapan MotoGP Styria juga berjalan dramatis. Joan Mir yang awalnya tampil impresif kurang beruntung. Sejak lepas start Mir menempati posisi ketiga lalu ia berhasil menyalip Pol Espargara dan Jack Miller untuk memimpin perlombaan.

Lap demi lap, Mir terus menjauh di depan, namun tidak ada yang menyangka saat balapan menyisakan 12 lap lagi, Vinales mengalami insiden, ia menjatuhkan diri dari motornya yang terus melaju menabrak pembatas sirkuit dan terbakar. Hal ini membuat race director tidak mengibarkan bendera merah sehingga balapan dihentikan. 

Setelah puing-puing motor Vinales dibersihkan dan pembatas sirkuit diganti dengan yang baru, balapan kembali di mulai. 

Benar saja, saat balapan start ulang, Mir justru kehilangan pace dan gagal bersaing di depan. Sebaliknya, Jack Miller dan Pol Espargaro menjadi aktor utama dalam berburu kemenangan. 

Aksi-aksi menegangkan justru tersaji saat balapan menyisakan lima lap tersisa. Miller dan Pol beberapa kali bergantian posisi, begitupun dengan Dovizioso yang berusaha mengejar posisi ketiga setelah berhasil menyalip Joan Mir. 

Saat semua orang menebak pemenang Styria adalah antara Miller dan Pol Espargaro, tikungan terakhir menjadi saksi kecerdikan Miguel Oliveira.

Pembalap asal Portugal dari tim KTM Tech3 mencuri keuntungan dari figt Miller vs Pol di tikungan terakhir sebelum finish dan mengunci podium pertama disusul Miller dan Pol Espargaro masing-masing podium kedua dan ketiga. 

"Saya sangat emosional, saya tak bisa berkata-kata. Terima kasih kepada semua orang yang percaya pada saya, keluarga, sponsor dan semuanya. Hari ini adalah sejarah," kata Oliveira.

Joan Mir akhirnya harus puas di posisi keempat, kemudian Dovi kelima dan Alex Rins keenam. 

Bagi Oliveira, hasil MotoGP Styria menempatkannya sebagai rider Portugal pertama yang mampu memenangkan balapan MotoGP. Sedangkan bagi KTM, ini menjadi kemenangan kandang di sirkuit mereka (Red Bull Ring): 

Hasil MotoGP Styria 2020: 

1 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)
2 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)
3 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)
4 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
5 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20)
6 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
7 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
8 Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)
9 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
10 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)
11 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20)
12 Aleix Espargaro ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP)
13 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)
14 Johann Zarco FRA Reale Avintia Ducati (GP19)
15 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
16 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
17 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)
18 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)
19 Bradley Smith GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)
20 Michele Pirro ITA Ducati Team (GP20)
21 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP19)
  Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

(uda)