Tes Pra Musim MotoGP 2022

Banyak Hal Baru Terlihat di Sesi Tes MotoGP Sepang

Tes resmi pra musim MotoGP 2022 yang berlangsung di Sepang, Malaysia selama 2 hari pada Sabtu-Minggu (5-6 Februari) menyajikan banyak hal yang patut diulas. MotoGP
Tes resmi pra musim MotoGP 2022 yang berlangsung di Sepang, Malaysia selama 2 hari pada Sabtu-Minggu (5-6 Februari) menyajikan banyak hal yang patut diulas. MotoGP

Autogear.id - Banyak hal baru yang terlihat di sesi tes pra musim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia para 5-6 Februari kemarin. Selain karena perubahan bentuk, penambahan komponen hingga perubahan signifikan di motor yang membuatnya lebih kompetitif, terlihat menarik untuk dibahas. Lalu apa saja itu? Yuk kita review satu-satu.

Air Flow Intake di Repsol Honda
Salah satu tim yang wajib diwaspadai di MotoGP 2022 adalah tim Repsol Honda. Kembalinya Marc Marquez tentu jadi salah satu penyemangat kubu orens yang satu ini. Namun hal yang membuatnya wajib diperhitungkan adalah karena perubahan bentuk di tunggangan mereka. Paling signifikan adalah bentuk airflow intake di bagian batok depannya. 

Airflow intake yang biasanya berbentuk pipih memanjang, kali ini lebih mengecil namun lebih besar. Meski hasil sesi tes resmi ini masih belum mencerminkan kekuatan ril tiap-tiap pembalap dan performa motornya, namun setidaknya baik Marquez maupun Pol Espargaro sepertinya bisa tampil lebih percaya diri. 

Hal lain yang dirasakan pembalap lain yang menggunakan Honda yaitu Alex Marquez bahwa motor ini terasa lebih bersahabat baginya ketimbang versi terakhir yang Ia gunakan.

Baca Juga:
Jakarta PPKM Level-3, IIMS Hybrid 2022 Geser ke 31 Maret 2021

Suzuki Lebih Cepat di Trek Lurus
Satu hal yang tak dimiliki oleh Suzuki sejak kembali ke ajang balap MotoGP yaitu akselerasi dan kecepatan yang mampu mereka capai di trek lurus. Setiap musim, kelemahan mereka selalu ada di sisi tersebut dan ini membuat para pembalapnya tak bisa berbuat banyak.

Dalam pernyataan usai menjalani sesi tes resmi, Joan Mir merasakan ada peningkatan di sisi performa mesin motornya. Namun menurutnya ini belum cukup untuk membuat Ia bisa tampil lebih kompetitif atas Ducati di trek lurus. Ia bahkan menegaskan bahwa Suzuki harus melakukan sedikit ubahan dan menambahkan power ketika berada di trek lurus agar bisa bersaing dengan Ducati.

Aprilia Lebih Nurut di Tikungan
Aleix Espargaro yang merupakan pembalap utama tim Aprilia Racing mengatakan bahwa motornya punya peningkatan performa luar biasa tahun ini. Hal ini Ia ungkapkan usai menjalani sesi tes resmi pra musim 2022 selama dua hari di Sepang. Dari hasil sesi tes itu pula Ia mendapati bahwa kini RS-GP kini lebih nurut di tikungan. Tapi seperti tahun-tahun sebelumnya, apa yang Ia keluhkan kini bisa terobati.

Hal itu juga terbukti dengan baik ketika menjalani sesi tes. Hasil akhir dari dua hari sesi tes tersebut, Ia mencetak waktu tercepat di urutan kedua sementara rekan setimnya yaitu Maverick Vinales sanggup berada di urutan keluma. Sayangnya, masalah getar justru muncul di motor ini. Bahkan hal yang sama juga dirasakan langsung oleh Vinales.

Baca Juga:
Dealer Mobkas BMW Astra Siap Jual Beli Merek Lain

Yamaha Tak Kunjung Kompetitif
Bukan hanya catatan manis yang ada dari cerita para pembalap yang ada di sana. Namun juga ada catatan yang kurang memuaskan dari sang juara dunia MotoGP 2021 yaitu Fabio Quartararo. Dari hasil sesi tes tersebut Ia tak mampu menelusup di urutan terdepan dan menunjukkan tajinya sebagai juara dunia. Quartararo hanya mampu menempati urutan ke-7 meski dengan selisih waktu yang terpaut tipis dari Enea Bastiannini yang keluar sebagai pembalap tercepat yatu 0,182 detik.  

Pembalap lain yang menggunakan Yamaha justru lebih nahas lagi, lantaran berada di urutan 20. Cal Crutchlow sebagai test rider hanya menempati urutan ke-21, disusul Andrea Dovisioso di urutan ke-22, Franco Morbidelli di urutan ke-24 dan Darryn Binder di urutan ke-25.


(uda)