Tips Membeli Mobil Baru

3 Cara Mudah dan Aman saat Transaksi Membeli Mobil Baru

Aman membeli kendaraan baik secara langsung maupun transaksi digital, pahami cara-caranya agar tak tertipu. Auto2000
Aman membeli kendaraan baik secara langsung maupun transaksi digital, pahami cara-caranya agar tak tertipu. Auto2000

Autogear.id - Tahun baru semua serba baru. Salah satunya adalah memiliki mobil baru. Lantaran membeli mobil baru kini dipermudah dengan transaksi via digital, tentu semakin banyak hal baru yang harus Anda perhatikan agar proses transaksinya berlangsung aman dan menjaga kenyamanan pelanggan supaya merasa tenang dan aman. 

Salah satu tips terpenting adalah membeli mobil baru di dealer mobil terpercaya yang sudah dikenal masyarakat luas. Terpercaya dalam artian menjalankan bisnis dengan baik, sesuai aturan pemerintah sehingga aman bagi masyarakat. Misalnya dengan memastikan pemesanan kendaraan akan diberikan formulir resmi Surat Pesanan Kendaraan.  

Tips kedua adalah pada saat memesan kendaraan, sebaiknya mempelajari isi formulir Surat Pemesanan Kendaraan sebelum menandatanganinya. Hal ini untuk menjamin hak dan kewajiban saat bertransaksi. Selain berisi pencatatan kendaraan yang dipesan (type, model, harga),  poin penting yang perlu dipahami soal klausul harga yang tidak mengikat, prosentase dan proses pengembalian uang Down Payment/tanda jadi, bila terjadi pembatalan dan penggunaan data pelanggan. 

Baca Juga:
Komunitas Honda ADV Touring Geliatkan Lokasi Wisata

Setelah mempelajari dan menyetujui sepenuhnya klausul dalam perjanjian jual beli, AutoFamily dapat menandatanganinya dan mendapatkan copy formulir tersebut  demi kenyamanan bersama. Surat pesanan dianggap sah jika telah ditandatangani oleh pemesan, pejabat cabang Auto2000 tempat memesan, dan uang down payment (DP) atau uang muka  telah dibayar lunas oleh AutoFamily. 

Tips ketiga sebagai jaminan keamanan bagi Anda yang ingin bertransaksi adalah dengan mencari tahu nomor rekening resmi dealer. Sehingga dana yang dibayarkan aman karena benar digunakan untuk pembelian mobil baru sesuai pesanan. 

Biasanya untuk dealer resmi, mereka punya informasi terbuka baik di lokasi cabang, website/social media resmi maupun penjelasan langsung dari team sales. Misalnya, di Auto2000, pembayaran pembelian kendaraan dengan cek/giro bilyet/transfer harus diatasnamakan PT Astra International Tbk-TSO dan dianggap sah jika sudah diterima/tercatat di rekening Bank dengan nama akun tersebut. 

Sehingga jika Anda ingin membayarnya secara tunai ke pihak dealer, bisa dengan melakukan langsung pembayaran di dealer terdekat.


(uda)