Serba-Serbi MotoGP

Rossi Sadar Pengalamannya Tak Berguna di Era MotoGP Sekarang

Valentino Rossi tunjukkan progres signifikan di Sirkuit Jerez. gpone
Valentino Rossi tunjukkan progres signifikan di Sirkuit Jerez. gpone

Autogear.id: Valentino Rossi menunjukkan progres yang signifikan dalam hal kecepatan di Sirkuit Jerez. Dibandingkan balapan perdana akhir pekan kemarin, Rossi memperoleh hasil kualifikasi yang jauh lebih baik di seri Andalusia yang juga sama-sama digelar di Jerez. 

Minggu lalu, the doctor memulai start dari posisi 11, sedangkan di seri kedua Andalusia Rossi menempatkan diri di posisi start keempat alias naik tujuh posisi. 

Peningkatan performa ini diakui oleh Rossi. "Pada balapan pertama saya punya masalah terlalu banyak dan saya terlalu lambat. Sekarang kami membaik," kata Rossi.

"Kami terus bekerja mencari setingan motor, kami memiliki pengaturan yang berbeda dan saya merasa lebih baik. Saya akan mulai dari posisi grid yang bagus dan kecepatan saya tidak terlalu buruk, juga di sore hari, tetapi kami masih harus terus improve. Tetapi akan sangat penting untuk memulai di depan," terangnya. 

Rossi tidak menjelaskan secara rinci apa saja yang telah diubah pada motor Yamaha M1 miliknya. Namun faktor terpenting menurut Rossi saat ini adalah beradaptasi dengan ban. 

Menurutnya, di era MotoGP sekarang, gaya berkendara sangat ditentukan oleh karakteristik ban. Hal inilah yang justru menjadi kelemahan Rossi selama ini karena ia lebih memprioritaskan cara balapnya sendiri. 

"Saya harus mengatakan bahwa pada tahun-tahun terakhir, periode terakhir, gaya berkendara sangat banyak berubah di MotoGP. Anda perlu melakukan hal yang benar untuk ban," sambung pembalap 41 tahun tersebut.

"Dan itu tidak mudah, karena saya memiliki banyak pengalaman. Tetapi kadang-kadang pengalaman saya menjadi masalah karena Anda harus memiliki pikiran terbuka dan mengubah berbagai hal," tutup Rossi. 


(uda)