Perawatan Mobil

Pabrikan Asal Jepang Ini Punya Layanan 'Salon Kecantikan' Mobil

Suzuki siapkan salon kendaraan untuk perawatan kondisi kendaraan konsumen yang butuh perawatan. SIS
Suzuki siapkan salon kendaraan untuk perawatan kondisi kendaraan konsumen yang butuh perawatan. SIS

Autogear.id – Ibarat tubuh manusia, mobil juga harus selalu dijaga kondisinya. Baik performanya maupun penampilan bodinya. Menjaga penampilan mobil merupakan hal yang tak kalah penting, karena menjadi salah satu cerminan dari pengendara dan si pemilik mobil.

Selain menjaga tampilan fisik mobil dari dalam, pemilik mobil juga perlu memperhatikan tampilan fisik mobil dari luar. Sekarang ini, pabrikan mobil juga memiliki bengkel khusus yang mengurusi perihal penampilan fisik luar dalam dari mobil. Contohnya saja PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Suzuki memiliki layanan yang dapat menjaga penampilan mobil pelanggannya, yaitu pelayanan Bengkel Body & Paint. Layanan ini menerima perbaikan bagi konsumen yang menggunakan asuransi maupun pribadi.

“Memiliki tampilan mobil yang bagus, selain membuat pengendara lebih percaya diri saat berkendara, juga memberikan kenyamanan dan keamanan”, kata Section Head Used Car & Body Paint Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Herli Barlian, dalam keterangannya, Senin (7/3/2022).

Baca Juga:
Puluhan Bikers Kota Kembang Dapat Penyegaran Teknik Berkendara

Bengkel Body & Paint Suzuki dikatakan menyediakan pelayanan One Day Repair khusus untuk perbaikan ringan, yaitu di bengkel resmi Suzuki Pulogadung, Jakarta Timur.

Menurut Herli, pelanggan tidak perlu menunggu lama, cukup satu hari saja mobil akan diperbaiki mekanik ahli di bidangnya. Setiap kendaraan yang diperbaiki akan melalui proses pembongkaran bodi hingga finishing dan detailing serta melalui kontrol kualitas yang ketat.

“Untuk alat, Suzuki menggunakan ‘Car O Liner’ yang bertujuan memperbaiki rangka mobil konsumen yang mengalami kecelakaan, dan membuat kendaraan kembali seperti semula”, ungkapnya.

Dalam pencarian warna cat, Suzuki menggunakan bantuan komputer dan dikerjakan oleh tinter yang berpengalaman. Sehingga hasil warna yang diperoleh akan sesuai dengan warna asli ataupun warna yang diinginkan oleh pelanggan.

Begitupula dalam sistem pengelasan, yang dikatakan Herli menggunakan teknik spot welding, Co2 welding, dan washer welding yang menghasilkan pengelasan yang tidak menyebabkan kerusakan struktur atau panel lainnya.

Baca Juga:
Tak Hanya Jago Main Raket, Greysia Polii Punya Selera untuk Urusan Mobil

Lanjut Herli, bengkel cat dan bodi Suzuki memiliki ruang pengecatan kedap debu, sehingga menjamin hasil pengecatan sangat baik, bebas dari bercak dan partikel lain yang dapat merusak daya tahan cat serta penampilan kendaraan.

“Keuntungan memperbaiki mobil di bengkel cat dan bodi Suzuki adalah proses pengerjaannya yang dilakukan tenaga profesional, berstandar Suzuki serta tersedia garansi cat selama 3 (tiga) bulan”, ucapnya.

Selain itu, bagi pelanggan yang tidak memiliki banyak waktu, Suzuki menawarkan diri melalui layanan yang memberikan kemudahan kepada pelanggan, seperti antar jemput kendaraan, fasilitas derek, dan mobile body repair.


(uda)