Lalu Lintas

Selama PSBB, Jarak Tempuh Masyarakat Urban Turun 72 Persen

Kondisi jalanan Jakarta saat PSBB. dok mi
Kondisi jalanan Jakarta saat PSBB. dok mi

Autogear.id: Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah sejak Ramadhan lalu benar-benar efektif menekan aktifitas masyarakat di luar rumah. 

Ramadan tahun ini pun sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat tidak dapat menikmati buka puasa bersama, larangan ibadah berjamaah di masjid, dan bahkan banyak orang yang harus membatalkan rencana perjalanan mereka karena kebijakan pembatasan mudik oleh pemerintah.

Bahkan himbauan 'di rumah aja' selama PSBB ternyata berpengaruh pada tren lalu lintas di empat kota yakni Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Tangerang Selatan. 

Berdasarkan data yang dirilis aplikasi navigasi Waze, rata-rata kilometer yang ditempuh di DKI Jakarta turun sebesar 72 persen, yang menunjukkan penurunan paling banyak dibandingkan dengan kota-kota lain, diikuti oleh Tangerang 70 persen, Bekasi 60 persen dan Tangerang Selatan 55 persen.

Tak hanya itu, hari raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 24 Mei 2020 juga menunjukkan keunikan tersendiri dalam hal mobilitas masyarakat karena terjadinya penurunan drastis di empat kota tersebut. 

"Ramadan 2020 merupakan pengalaman yang tidak biasa bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Namun, perubahan yang terjadi selama bulan suci tersebut dimaksudkan untuk melindungi masyarakat dari risiko penularan virus," kata Country Manager Waze Indonesia, Marlin R. Siahaan. 

Marlin menegaskan, Waze sendiri juga mendukung program penanganan Covid-19 dengan melengkapi map Waze dengan titik Rumah Sakit khusus Covid-19 serta lokasi-lokasi terkait lainnya.


(uda)