Komunitas Motor

Cinta Tanah Air, Komunitas 2 in 1 Vespa dan Mercedes Ajak Kenali Sejarah

Komuntias Vespa dan Mercedes-Benz seseruan mengajak cintai tanah air. Vespa-Benz
Komuntias Vespa dan Mercedes-Benz seseruan mengajak cintai tanah air. Vespa-Benz

Autogear.id - Vespa Benz Owners (VBO) merayakan anniversary pertama dengan menggelar kegiatan konvoi dalam kota yang diikuti lebih dari 600 Vespa dari puluhan klub dan komunitas. Menariknya, acara VBO ini juga turut dihadiri beberapa klub Mercedes-Benz. Mereka bersama-sama kumpul, gelorakan semangat melestarikan budaya.

Sekaligus mendukung kampanye bertajuk ‘Kenali Sejarahmu, Cintai Bangsamu’ yang diselenggarakan di Museum Satria Mandala, Jakarta Pusat. Puluhan komunitas yang turut meramaikan anniversary pertama VBO antara lain PIC, Speedscoot, Velors, 60’s Jabodetabek, The Broto’s, VACBN, CsVj, Outsiders Indonesia, Vespamadride, SOG, PCI, GTS, Ivespa, PFI, Pontedera, Scooterliner, Garage 21, Kembara, We Ride on Sunday, dan lainnya.

VBO sendiri memang gabungan antara pemilik Vespa dan Mercedes-Benz. Ajo, Presiden VBO mengatakan, menjadi sebuah komunitas bukanlah soal menjadi siapa yang paling keren. Namun lebih dari itu, VBO ingin menjadi contoh positif dengan berkontribusi aktif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Sekaligus menghapus stigma negatif yang selama ini mungkin masih melekat pada komunitas otomotif, baik motor maupun mobil. Kami juga sangat terbuka bagi para pegiat dan pecinta otomotif di luar sana. Khususnya yang memiliki Vespa maupun Mercedes-Benz, untuk menjadi bagian dari keluarga besar VBO”, beber Ajo dalam keterangannya, Rabu (26/01).

Komjen Pol. (Purn) Nanan Soekarna, selaku Pembina VBO mengatakan, merupakan momen bersejarah, tepat satu tahun VBO berdiri dengan landasan rasa solidaritas dan kekeluargaan.

“Kami senantiasa berharap, VBO dapat menginspirasi komunitas pecinta otomotif lain, bahwa komunitas sepeda motor dan mobil dapat bersinergi bersama. Juga membuktikan, bahwa hobi otomotif sangat bisa memberi dampak positif,” katanya.

Sementara Rony Arifudin, Ketua Umum Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) mengatakan, mewakiliki segenap keluarga besar PPMKI mengucapkan selamat ulang tahun untuk VBO yang pertama. “Semoga VBO ke depannya semakin menjadi komunitas yang kuat dan kompak serta bertambah guyub”, ujarnya.

Kegiatan konvoi dalam kota VBO dimulai dengan titik start MotoVillage Jl. Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. Lalu mulai mengelilingi ruas jalanan Ibu Kota. Di antaranya Burkem, Patiunus, Gatot Subroto, Kuningan dan finish di Kopi Bangsa, yang berlokasi di kawasan Museum Satria Mandala.

Komunitas 2 in 1 ini juga menyelenggarakan kegiatan sosial, dalam bentuk penggalangan donasi untuk anak yatim sebagai wujud kepedulian terhadap sesama.

Acara juga dimeriahkan berbagai hiburan games, live music hingga doorprize kupon poles dan ragam koleksi diecast menarik. Pada penghujung acara, secara simbolik dilakukan pemotongan tumpeng diwakili Presiden dan Pembina VBO.


(uda)