Keselamatan Berkendara

Poltrada Bali Jauh-jauh ke Purwakarta untuk Studi Banding di HTSCC

Fasilitas pelatihan pengemudi yang dimiliki PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), mendapat kunjungan dari Politeknik Transportasi Darat Bali (Poltrada Bali) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). HMSI
Fasilitas pelatihan pengemudi yang dimiliki PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), mendapat kunjungan dari Politeknik Transportasi Darat Bali (Poltrada Bali) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). HMSI

Autogear.id – Hino Total Support Customer Center (HTSCC), sebagai fasilitas pelatihan pengemudi yang dimiliki PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), mendapat kunjungan dari Politeknik Transportasi Darat Bali (Poltrada Bali) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kendati HTSCC sendiri baru Hino resmikan pada 27 Januari 2022, namun Poltrada Bali sudah berinisiatif melakukan studi banding ke fasilitas yang terletak di kawasan Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat itu, pada akhir pekan kemarin (18/2/2022).

Rombongan Poltrada Bali dipimpin Direktur Poltrada Bali, Efendhi Prih Raharjo, disambut langsung After Sales Director HMSI, Irwan Supriyono. Adapun kegiatan studi banding tersebut bertujuan meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan sinkronisasi pembelajaran dengan dunia usaha atau dunia industri. Terutama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, serta teknologi bidang transportasi darat dan logistik.

Chief Operating Officer HMSI, Santiko Wardoyo mengungkapkan, Hino sangat senang mendapat kunjungan dari Poltrada Bali Kemenhub yang menyelenggarakan pendidikan serta pelatihan bidang transportasi darat dan logistik.

Baca Juga:
Mengenal Teknologi Transmisi CVT, Apa Untung dan Ruginya?

“Melalui kunjungan ini kami dapat berbagi dan bertukar informasi, sekaligus mensinergikan kerja sama meningkatkan keilmuan bidang transportasi darat dan logistik. Sesuai dengan dunia usaha dan industri, guna berdampak luas ke masyarakat,” kata Santiko.

Ketika mengunjungi pusat pelatihan pengemudi seluas 24.000 meter persegi ini, kegiatan diawali paparan terkait profil HTSCC, dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)-Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Hino. Dilanjutkan sesi tanya jawab, dan tinjauan lapangan terkait fasilitas yang ada di HTSCC. Mulai dari fasilitas gedung, ruang kelas, dan driving simulator.

Tak ketinggalan peninjauan fasilitas praktek di HTSCC, seperti kawasan blind spot test, area inspection bay, stop & go, dan parking parallel. Kemudian fasilitas praktek S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan safety brake.

Sejauh ini HTSCC memang diperuntukkan pelatihan berkendara truk dan bus. Di sini diberikan pelatihan teknik safety driving, pengereman, mengemudi yang baik dan ekonomis, pemeriksaan harian, serta teknik blind spot.

Pelatihan bukan hanya di lintasan, melainkan juga di dalam gedung. Terdapat driving simulator dan ruang kelas, bagi pengemudi peserta pelatihan. Mengacu kepada standar BNSP, Hino telah membekali HTSCC dengan para instruktur terlatih, berpengalaman dan tersertifikasi.


(uda)