Persiapan MotoGP 2022

Intip Strategi Suzuki Ecstar MotoGP Jelang Musim 2022

Suzuki MotoGP siapkan strategi khusus untuk bisa tampil kompetitif di MotoGP 2022. Suzuki
Suzuki MotoGP siapkan strategi khusus untuk bisa tampil kompetitif di MotoGP 2022. Suzuki

Autogear.id – Musim baru MotoGP sebentar lagi berjalan. Tim Suzuki Ecstar, termasuk para riders, Joan Mir dan Alex Rins, mulai melakukan persiapan ketat untuk menghadapinya. Menyambut musim baru ini, seluruh tim Suzuki Ecstar sangat termotivasi dan bersemangat tingkatkan performa. Gunakan tagar dan slogan baru GearingUp, dirancang untuk menginspirasi para penggemar agar mempersiapkan diri menyambut musim 2022.

Selain juga untuk menunjukkan semangat tim, dengan meningkatkan kinerja dalam mencapai tujuan. Sehingga hasilnya dapat lebih baik dibanding tahun lalu. Pasalnya, Suzuki Ecstar merasa musim 2021 punya sejumlah tantangan berat. Atas upaya yang dilakukan, lewat Joan Mir, mereka sukses menutup tahun dengan prestasi di tiga teratas.

Tahun ini, tujuan tim lebih simpel. Raih podium, hadiah, dan tingkatkan poin para pebalap. Ditambah lagi, baik Mir maupun Rins, telah melalui masa libur balap dengan menyeimbangkan antara waktu istirahat dan latihan keras.

“Saya luangkan waktu selama musim dingin untuk bersantai dan beristirahat, setelah musim 2021 yang sulit. Walaupun senang berhasil podium ke-3 tahun lalu. Tahun ini, saya termotivasi mencapai tujuan lebih baik. Cukup penting mengatur ulang strategi, supaya fokus 100 persen mengoptimalkan performa,” tutur Mir.

Baca Juga:
Yamaha Sematkan Dua Warna XMax 250 pada New NMax 155

Tunggangan GSX-RR yang bakal dipergunakan berlaga pun telah dipersiapkan dengan tampilan baru. Tentunya bukan sebatas tampilan luar, melainkan juga sektor jantung mekanis. GSX-RR 2022 memiliki warna baru, dengan penambahan aksen hitam berpadu warna sebelumnya, biru dan perak. Logo pada motor, pakaian, dan truk tim ikut diperbarui, mengkombinasi gaya retro dan modern ala Suzuki.

Mir dan Rins akan mejajal GSX-RR baru pada sesi tes di Sirkuit Sepang, Malaysia, (5-6/2). Dan kedua pebalap Suzuki asal Spanyol ini sangat yakin akan performa kendaraannya. Tes pramusim di Sepang, dilanjutkan kunjungan perdana selama tiga hari di Sirkuit Mandalika, pada (11-13/2). Sedangkan balap pertama musim MotoGP 2022 akan dimulai di Qatar (6/3).

Diakui, musim balap 2022 akan menjadi tantangan tersendiri. Dimana dunia masih berkutat terkait pandemi. Di samping itu, para pebalap juga akan menghadapi kejuaraan terpanjang yang pernah ada. Yaitu dengan 21 balapan dalam kalender, dan debut di sirkuit baru seperti Indonesia dan Finlandia.

“Latihan pramusim saya berjalan dengan baik. Saya merasa fit dan siap bertanding. MotoGP akan dimulai sekitar sebulan lagi. Saya tak sabar kembali bertanding, menggunakan motor terbaru,” lanjut Mir.

Baca Juga:
Honda ADV150 Bakal Berseliweran di MotoGP Mandalika?

Sementara Rins mengatakan, Suzuki GSX-RR baru terlihat luar biasa, dan juga berkinerja sangat baik. “Sangat senang dan bersemangat dekati awal musim ini. Selama istirahat, saya banyak latihan. Tak hanya di gym, tapi juga gunakan GSX-R1000R saya. Kendati belum sebanding dengan motor yang akan kami gunakan di sirkuit nanti”, papar Rins.

Ia pun mengaku gembira bisa kembali bekerja sama dengan tim, dan fokus pada tujuan yang sama. “Kami saling percaya, dan siap mencapai hal-hal besar di musim ini. Hari-hari tes akan menjadi penting. Tak sabar menunggu balapan pertama di Qatar”, tambahnya.

Project Leader dan Team Director Suzuki Ecstar, Shinichi Sahara menyampaikan, Suzuki GSX-RR terlihat mengesankan. Dengan dukungan dari sponsor utama, penggemar, dan anggota tim, mereka ingin menempatkannya di posisi teratas.

“Selama tes terakhir di Jerez, kami lihat potensi besar. Setelah adanya komponen baru serta respon dari pebalap penguji, Sylvain Guintoli, serta Mir dan Rins, yang cukup positif. Mari kita lihat apa yang bisa kami tunjukkan di musim baru ini,” tutup Sahara.


(uda)