Tips Perlengkapan Berkendara

Jaket Tepat Buat Motoran, Ada Karet di Bagian Pergelangan Tangan

Menggunakan jaket khusus saat berkendara, penting agar tetap aman selama di jalan. DAM
Menggunakan jaket khusus saat berkendara, penting agar tetap aman selama di jalan. DAM

Autogear.id - Selayaknya sebelum motoran, bikers mempersiapkan riding gear yang tepat. Agar semakin aman dan nyaman saat berkendara. Nah, salah satu riding gear yang wajib dipersiapkan, dan dipilih secara tepat adalah jaket.

Demmy Firmansyah, Promotion Dept. Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) menjelaskan, jaket adalah riding gear yang penting untuk selalu digunakan, karena berfungsi melindungi tubuh dari terpaan angin.

“Berperan pula untuk melindungi tubuh, saat terjadi kontak langsung dengan permukaan jalan, ketika terjatuh atau mengalami kecelakaan saat sedang berkendara”, dalam keterangannya, Kamis (13/1/2022).

Ada beberapa hal menurut Demmy yang harus diperhatikan, ketika memilih dan mengenakan jaket berkendara.

1. Sesuai Ukuran Badan
Pilihlah jaket yang sesuai ukuran badan. “Disarankan jaket motor tidak terlalu kecil dan tidak kebesaran. Gunakan jaket berukuran pas, untuk memberi kenyamanan ketika mengendarai motor”, kata Demmy.

2. Memiliki Karet di Pergelangan Tangan
Selain itu, pilih jaket yang terdapat velcro atau karet di bagian pergelangan tangan. Gunanya untuk meminimalisir, apabila pengendara terjatuh. Sehingga posisi bagian lengan pada jaket tidak akan tertarik ke atas, dan akan tetap melindungi bagian lengan. Begitu juga bagian pinggang bawah jaket, lebih baik apabila terdapat velcro atau karet di bagian bawah jaket tersebut.

3. Berbahan Tebal
Pastikan jaket yang digunakan berbahan cukup tebal. Tidak disarankan menggunakan jaket berbahan kain yang tipis, karena tidak akan melindungi dengan baik bila mengalami insiden di jalan.

“Walaupun memang jaket belum akan 100% melindungi pengendara, namun setidaknya menggunakan jaket meminimalisir dampak buruk yang dialami pengendara, jika terjadi kecelakaan,” ujar Demmy.

4. Memiliki Lubang Ventilasi
Ia menambahkan, jaket yang sudah tersedia pelindung bagian sikut, dada, dan punggung jauh lebih baik dalam melindungi tubuh, dan akan meminimalisir dampak dari kecelakaan.

“Tapi saat berkendara, terkadang menghadapi cuaca panas. Jaket model itu biasanya cenderung lebih terasa panas. Disarankan jaket tersebut punya lubang ventilasi, dengan resleting yang dapat dibuka-tutup saat berkendara. Untuk mengatur sirkulasi udara di dalam jaket”, terangnya.

Menggunakan jaket saat bermotor merupakan kebiasaan yang harus menjadi gaya hidup. Selain tentunya wajib selalu memakai helm, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.


(uda)