Serba-Serbi MotoGP

Finlandia Mundur, Balap Pembuka MotoGP Masih Misteri

Sirkuit Finlandia tak siap menggelar MotoGP di bulan Juli 2020. cmg
Sirkuit Finlandia tak siap menggelar MotoGP di bulan Juli 2020. cmg

Autogear.id: Rencana Dorna untuk menggelar seri pembuka MotoGP 2020 di Sirkuit KymiRing Finlandia sepertinya juga gagal terlaksana.

Pasalnya, agenda balapan MotoGP di Sirkuit KymiRing pada tanggal 12 Juli 2020 berbenturan dengan kebijakan pemerintah Finlandia. 

"Sesuai dengan instruksi Pemerintah Finlandia, kegiatan dengan lebih dari 500 orang tidak boleh diadakan sebelum Agustus karena virus korona," ujar penyelenggara MotoGP Finlandia dikutip dari Crash, Sabtu (25/4/2020). 

Pengumuman ini tentunya cukup menyakitkan bagi para penggemar, pembalap, dan tim-tim MotoGP karena hanya berselang beberapa hari sejak pengumuman penundaan MotoGP Belanda, Dorna pun menjanjikan balapan pembuka di Finlandia dan sesegera mungkin merampungkan homologasi sirkuit KymiRing. 

Sebelum Finlandia, promotor Dorna Sports tadinya memang sangat berharap pada seri Sachsenring dan Assen. Dorna juga awalnya menargetkan balapan MotoGP tanpa penonton bisa digelar di seri Jerman dan Belanda tersebut. Namun kebijakan pemerintah negara tuan rumah jelas tak bisa didobrak Dorna. 

Gelaran MotoGP Finlandia yang memilih angkat tangan membuat kalender pembuka MotoGP masih jadi misteri. Untuk sementara, bulan Agustus 2020 menjadi harapan baru balap pembuka MotoGP.


(uda)