Dakar Rally 2022 (Etape-4)

Joan Barreda Kawal Honda Bertaji di Etape Panjang

Joan Barreda Bort bawa kemenangan di etape keempat dan buktikan performa Honda bersama rekan setimnya. DR
Joan Barreda Bort bawa kemenangan di etape keempat dan buktikan performa Honda bersama rekan setimnya. DR

Autogear.id - Etape keempat Dakar Rally Arab 2022 yang berlangsung pada Rabu (5/1), membawa keberuntungan tersendiri buat para pereli di bawah naungan Honda Racing Corporation (HRC). Joan Barreda Bort yang di etape-2 meraih kemenangan, kali ini mengulang kemenangannya nyaris tanpa kesalahan.

Kemenagan tersebut bahkan tak buat dirinya sendiri, Ia juga ditemani rekan setimnya Pablo Quintanilla yang juga tampil agresif. Trek sepanjang 707 km dengan etape spesialnya sepanjang 465 km tersebut, ditempuhnya dengan waktu tercepat 4 jam 7 menit 6 detik. Pereli yang finish di urutan kedua adalah rekan setimnya dan berselisih 3 menit di belakangnya.

"Menyenangkan rasanya bisa meraih hasil bagus di etape ini. Sejak mengawali balapan di etape spesial, trek dengan sajian gurun pasir berundak, perbukitan, batu-batu yang membutuhkan pembacaraan sistem navigasi yang matang, membuatku bisa tampil tenang. Tapi tetap berupaya melakukan yag terbaik," papar Barreda.

Baca Juga:
Sempat Vakum, MJI Akhirnya Gelar Touring Sambil Baksos

Duo pereli yang justru tak disangka-sangka bakal menguntit di posisi 5 besar adalah duo pereli dari tim Sherco TVS yaitu Rui Goncalves dan Lorenzo Santolino. Keduanya bisa mengiktui ritme permainan duo pereli Honda di trek yang cukup berbahaya.

Bukan hanya kejutan dari duo pereli Sherco TVS, Danilo Petrocci yang merupakan mantan pembalap MotoGP 2021 dan langsung ubah haluan jadi pereli, untuk pertama kali langsung memimpin jalannya balapan hingga ke titik check point ketiga. Namun setelah itu, Ia langsung tersusul oleh Barreda dengan kondisi trek yang kian berat.

Hasil Dakar Rally Arab Etape-4 (motor):
1. (ESP) JOAN BARREDA BORT, MONSTER ENERGY HONDA, 04H 07' 06'' (penalti 01' 00'')
2. (CHL) PABLO QUINTANILLA, MONSTER ENERGY HONDA, + 00H 03' 37''    
3. (PRT) RUI GONÇALVES, SHERCO FACTORY    04H, + 00H 06' 59'

Klasemen sementara Dakar Rally Arab (motor):
1. Sam Sunderland, GASGAS, 15:30:01
2. Matthias Walkner, KTM, +00:03:00
3. Adrien van Beveren, YAMAHA, +00:04:54


(uda)