Dakar Rally Mobil 2023

Loeb Juarai 5 Etape, Attiyah Tetap Juara Dakar Rally 2023

Nasser Al-Attiyah raih titel juara dunia Dakar Rally yang kelima usai mengalahkan rival-rivalnya di DR 2023. Red Bull CP
Nasser Al-Attiyah raih titel juara dunia Dakar Rally yang kelima usai mengalahkan rival-rivalnya di DR 2023. Red Bull CP

Autogear.id - Sebastien Loeb tanpa diduga sanggup mengamankan 5 kemenangan beruntun usai sejak di etape pertengahan yaitu etape 8 sebelum memasuki masa rehat. Lima kemenangan beruntunnya itu bahkan sanggup memangkas selisih jarak dari Nasser Al-Attiyah yang berada di puncak klasemen sebanyak 20 menit. 

Namun sangat disayangkan, lantaran kemenangan beruntun itu belum mampu membawanya sebagai juara Dakar Rally 2023. Selisih waktu yang awalnya terpaut 1 jam 50 menit, hanya terpangkas sedikit demi sedikit. Itu lantaran Ia mengalami masalah di awal Dakar Rally 2023. Di mana mobilnya mengalami kerusakan di bagian suspensi. Saat melakukan perbaikan, di situlah mereka kehilangan banyak waktu.

"Dakar Rally tahun ini bisa dibilang sangat sulit bagi semua pereli. Teknikal dan membuat para pereli harus mengerahkan semua skill dan kepiawaiannya dalam membaca taktik dan navigasi. Juga mengarahkan kendaraan ke jalur dan bukaan gas yang tepat. Sekarang saya mengantongi 5 titel juara Dakar Rally dan melampaui rekor dari Matthieu. Saya harus membuktikan bahwa mempertahankan titel juara itu juga tak mudah tapi tetap memungkinkan kami lakukan," papar Attiyah.

Baca Juga:
Menangi 2 Etape Terakhir, Kevin Benavides Juara Dakar Rally 2023

Pereli yang justru tak masuk dalam hitungan bakal meraih hasil bagus di kejuaraan kali ini adalah Lucas Moraes. Pereli yang bernaung di bawah tim Overdrive Racing itu menempati urutan ketiga lantaran konsistensinya juga. Sayangnya selisih waktu yang terlampau jauh dari Attiyah memang tak memungkinkannya mengejar secara gila-gilaan. 

Dengan kemenangan ini, tenti Attiyah masih belum memutuskan untuk pensiun. Ia malah lebih bersemangat lagi untuk ikutan di balap lintas negara yang berlangsung selama 2023 selain Dakar Rally. Mengingat untuk mempertahankan performanya, Ia harus tetap mengikuti kompetisi balap yang mumpuni. 

Hasil Dakar Rally 2023:
1. Nasser Al-Attiyah, Toyota Gazoo Racing, 45 jam, 3,15 menit
2. Sebastien Loeb, Bahrain Raid Xtreme, +1 jam 20,49 menit
3. Lucas Moraes, Overdrive Racing, +1 jam 38,31 menit


(uda)