Kegiatan Otomotif

Jadi Salam Perpisahan, Civic Type R Pecahkan Rekor Lap di The Bend

Honda baru saja mencetak rekor putaran (lap) terbaru untuk penggerak roda depan, melalui Civic Type R Limited Edition. HPM
Honda baru saja mencetak rekor putaran (lap) terbaru untuk penggerak roda depan, melalui Civic Type R Limited Edition. HPM

Autogear.id - Honda baru saja mencetak rekor putaran (lap) terbaru untuk penggerak roda depan, melalui Civic Type R Limited Edition. Dengan torehan waktu 2 menit 12,260 detik, lebih cepat 2 detik dari sebelumnya. Kendati secara resmi Honda sudah menutup pintu produksi Civic Type R Limited Edition. Pabrik Honda Civic Type R di Swindon, Inggris, resmi ditutup pada Kamis (29/7/2021), setelah lebih dari 35 tahun beroperasi.

Sebagai informasi, pabrik Swindon yang berdiri sejak 1985 pernah menjadi salah satu yang terbesar di Inggris, dengan kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun. Pemecahan rekor Civic Type R Limited Edition tersebut berlangsung di ajang The Bend Motorsport Park (The Bend), Australia, beberapa waktu lalu. Ketika dikendarai Tony D'Alberto, mantan juara Super2, Australian GT Endurance, dan runner-up TCR Australia Series 2019.

Ini bukan pertama kalinya D’Alberto bersama Type R pecahkan rekor lap. Sebelumnya pada akhir tahun 2019, ia juga berhasil mencatat rekor lap 2 menit 14,316 detik, mengendarai mobil Racing Blue. Honda Australia Director, Stephen Collins mengatakan, mereka memang sangat ingin memiliki kesempatan melakukan hal ini. Sebagai salam perpisahan yang tepat untuk generasi Civic Type R.

“Seri FK8 Civic Type R sudah menjadi mobil yang hebat. Terbukti sejak diluncurkan pada 2017, mobil ini begitu populer di masyarakat, memenangkan banyak penghargaan, dan membuat rekor lap di seluruh dunia,” akunya.

Baca Juga:
Gantengnya BMW M2 CS Racing untuk Safety Car MotoGP 2022

Apalagi, kata Collins, pembaruan model pada 2020 membuat mobil ini menjadi lebih baik. “Dengan suspensi, rem, dan pendinginan mesin, memastikan Civic Type R terus memberikan pengalaman berkendara paling memuaskan,” tambahnya. Pencapaian ini kiranya melanjutkan kesuksesan pencatatan waktu Civic Type R seri FK8 generasi kelima, yang telah mencetak rekor putaran di berbagai trek balap legendaris Eropa.

Termasuk di trek Nürburgring yang ikonik, sirkuit Suzuka di Jepang yang populer, dan Mount Panorama, di Bathurst, Australia. Mengenai The Bend sendiri, terinspirasi oleh beberapa trek balap paling terkenal di dunia. Dan menjadi sirkuit satu-satunya di Australia yang mengantongi standar FIA Grade 2 dan FIM Kategori A terbaru.

Sirkuit internasional The Bend memiliki panjang lintasan 4,95 kilometer, dan rutin digunakan untuk berbagai event kejurnas. Termasuk TCR Australia Series dan Supercars Championship. Pada ajang Supercheap Auto TCR Australia Series 2022, di Symmons Plains Raceway, Tasmania, 11-13 Februari, D'Alberto juga berkompetisi dengan mobil balap Civic Type R TCR #50.

Mobil D’Alberto menampilkan livery penghormatan kelir kuning mencolok, demi merayakan capaian Civic Type R Limited Edition dan rekor putarannya.


(uda)