Mudik Lebaran 2023

Mudik Lewat Zona Rawan Kabut? Kenali Tol Mana Saja!

Tol berkabut membuat pengendara sangat berpoetnsi melakukan hal-hal yang bisa menjadi penyebab kecelakaan. medcom-uda
Tol berkabut membuat pengendara sangat berpoetnsi melakukan hal-hal yang bisa menjadi penyebab kecelakaan. medcom-uda

Autogear.id - Melakukan perjalanan mudik lebaran 2023, sudah jadi kegiatan yang sangat menyenenangkan. Apalagi mudik bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Namun patut Anda ketahui bahwa jika Anda akan melalui jalur yang potensi berkabutnya cukup tinggi, maka harus lebih ekstra siap dari sisi kendaraan dan mental pengemudi. 

Mengingat ini membutuhkan fokus yang tinggi dan Anda harus tetap mewaspadai beberapa hal yang bisa saja memicu kecelakaan. Terutama kondisi cuaca dan kondisi jalan. Petugas yang melakukan pengamanan dan pengawalan di beberapa titik perjalanan mudik pun melakukan imbauan agar lebih berhati-hati, seperti di jalur yang berkabut. 

Pemudik yang menggunakan kendaraan roda 4 diminta waspada, apabila melewati beberapa jalur tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Jawa Barat.

Jalur tersebut di beberapa kondisi cuaca sangat sering mengalami jarak pandang yang menurun akibat turunnya kabut. Hal ini perlu diwaspadai oleh pengemudi karena tol fungsional sepanjang 62,6 km  yang dibuka untuk kepentingan mudik idul fitri 2023 ini masih rawan kabut.

Baca Juga:
Jokowi Tegas Soal EV, Indonesia Siap Tarung di Industri Otomotif Dunia

Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan mengatakan Ada beberapa titik jalur tol yang rawan turun kabut pada sore dan malam hari maupun saat cuaca sedang hujan. “Pemudik diharapkan dapat lebih fokus dan waspada dalam mengemudikan kendarannnya saat melintas di tol Cisumdawu,” ujar Indra di Sumedang (18/4/2023).

Indra menambahkan jalan tol yang difungsikan mulai pukul 08.00 – 15.00 setiap pagi selalu dilakukan pengecekan oleh petugas untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara yang melintas.


(uda)