Komunitas Otomotif

Siap-Siap, Volkswagen Bakal 'Lebaran' Duluan di JACMU

Jakarta Auto Classic Meet Up 2023, mendapat perhatian khusus dari Ketua MPR-RI, Bamsoet dan hadir langsung di acara jumpa pers komunitas otomotif ini. OB
Jakarta Auto Classic Meet Up 2023, mendapat perhatian khusus dari Ketua MPR-RI, Bamsoet dan hadir langsung di acara jumpa pers komunitas otomotif ini. OB

Autogear.id – Biasanya, orang-orang berlebaran setelah ramadan dijalankan selama 30 hari. Namun para pengguna Volkswagen klasik dan retro, malah akan lebaran duluan sebelum ramadan berlangsung. Apakah ini sekte yang sesat? Eh, tunggu dulu dong, lebaran yang dimaksud adalah Jakarta Auto Classic Meet Up (JACMU) 2023. Event ini dianggap sebagai lebarannya para pengguna VW klasik dan non-VW, lantaran jadi ajang temu kangen para pecinta mobil Volkswagen.

Uniknya, JACMU bakal dipentaskan di Lapangan Banteng Park, Jakarta Pusat pada 18-19 Maret mendatang. Ini jadi event pertama yang bakal menggunakan lokasi itu sebagai tempat untuk menggelar acara otomotif secara langsung. Event ini merupakan gelaran hasil kolaborasi antara klub VW tertua di Tanah Air yakni Volkswagen Van Club (VVC) dan Volkswagen Beetle Club (VBC) yang didukung penuh Jakarta Storm (JS) Speed sebagai wadah pemerhati aktivitas dan olahraga otomotif yang berbasis di Jakarta. 

Menurut Ketua Harian VBC, Gregory Ray Goller yang ditunjuk menjadi Ketua Panitia Pelaksana JACMU 2023, pergelaran di tengah kota ini merupakan sebagai jawaban atas keinginan banyak penggemar mobil klasik-retro untuk bisa membuat acara otomotif di titik tengah Ibukota Jakarta.

“Banyak yang sudah dibuat, berbagai event otomotif klasik-retro sering dilangsungkan di daerah pinggiran atau penyangga Jakarta seperti di Bekasi, BSD, Bintaro, Bogor dan lainnya. Kali ini kami ingin mengangkat tema dunia otomotif Jakarta yang bisa tampil sebagai tuan rumah di tengah kotanya sendiri. Jakarta juga menyimpan sejarah otomotif yang kuat,” beber Ray, sapaan akrabnya.

Baca Juga:
Waspadai Blind Spot Ketika Pakai Helm Full Face

Selain itu, JACMU juga berkeinginan bisa lebih mengekspos budaya dan sejarah kota Jakarta yang mungkin masih minim diketahui masyarakat seputar Jakarta. “Bahkan bisa jadi ada yang belum pernah berkunjung ke Lapangan Banteng yang punya histori menarik ini. Lagipula, baru kali ini Lapangan Banteng menjadi titik lokasi kegiatan bernuansa otomotif,” imbuh Ray.

Menurut Ray, ihwal bisa digelar di Lapangan Banteng muncul secara spontan dan hasil dari survei langsung ke lokasi. Kebetulan, tim survei langsung mendapat ijin untuk menggelarnya di Lapangan Banteng. Kendati diinisiasi oleh dua klub VW tertua di Tanah Air yakni VVC dan VBC, namun panitia pelaksana juga melibatkan kendaraan klasik-retro non-VW. Tujuannya, agar antara pecinta mobil klasik-retro bisa saling bersinergi dan menjalin silaturahmi.

Meski statusnya adalah event komunitas, namun event ini mendapat perhatian khusus dari Ketua MPR-RI, Bambang Soesatyo. Ia bahkan menjadi salah satu narasumber saat melakukan jumpa pers, kick-off JACMU di Black Stone Garage, Jakarta Selatan pada Rabu (15/3/2023). Dalam sambutannya, Bambsoet menegaskan bahwa mobil klasik dan retro itu adalah sebuah investasi besar. 

"Dulu mobil ini sangat banyak beredar di Indonesia. Namun ternyata harganya bukannya turun dari tahun ke tahun, malah naik berkali lipat. Sangat disayangkan karena banyak mobil-mobil Volkswagen klasik di Indonesia malah lari ke luar negeri, jadi benda koleksi oelh rumah-rumah modifikasi atau restorasi sehingga ketika dijual harganya jadi sangat tinggi. Tapi baguslah ada event seperti JACMU ini yang bisa mempererat kembali hubungan persaudaraan dengan para penggunanya," papar Bamsoet. 

Baca Juga:
Sektor Pertambangan dan Pertanian Menggeliat, Isuzu Bawa Mobil Tangguh

Ia juga menegaskan kepada teman-teman pemilik mobil klasik VW ini agar tetap menjaga nama bersinya. Bamsoet tak ingin jika ada oknum dari pengguna VW klasik ini membeli mobilnya dari hasil kerja yang tak benar. Ini bisa menjatuhkan nama komunitas dan klub yang mereka bangun selama ini."

Untuk bisa masuk ke acara JACMU ini, tiket bisa dibeli di melalui website Bostixx di www.bostixx.com. Untuk tiket terdapat 2 kategori yakni 1 Day Pass Rp. 30.000 dan 2 Day Pass senilai Rp 55.000,-. Atau bisa hubungi hotline tiket Bostixx di 0851-7320-3831

Selain pameran dan kontes kendaraan klasik retro, JACMU juga menghadirkan sejumlah hiburan dan lomba bagi pengunjung dan peserta. Seperti live music, senam Zumba, atraksi DJ dengan music disco 80-90-an, hingga photo competition (Instagram Competition) yang di- upload ke media sosial Instagram.
 


(uda)