Motor Listrik

SMEV Bikin Gebrakan Molis Petualang, 1 Baterai 120 KM?

SMEV resmi main di segmen motor listrik, jarak tempuh per baterai sanggup tempuh 120 km lho. AG-Uda
SMEV resmi main di segmen motor listrik, jarak tempuh per baterai sanggup tempuh 120 km lho. AG-Uda

Autogear.id - Motor listrik saat ini sudah menjadi moda transportasi pilihan banyak orang terutama di perkotaan untuk mobilitas harian. Bukan hanya karena operasional harian yang lebih murah, namun juga kepraktisan dan nyaris tanpa perawatan bikin orang tak perlu melakukan servis di bengkel. Mulai rambah segmen yang lebih seru, motor listrik kini mulai rambah segmen motor petualang. Tantangan terbesarnya tentu kapasitas baterai yang berpengaruh terhadap jarak tempuhnya. 

Hal ini pun menjadi dasar bagi rumah builder motor kustom 'Studio Motor' tertarik masuk ke ceruk pecinta motor petualang namun dengan jenis motor listrik. Setelah beberapa tahun melakukan riset dan trial (percobaan), mereka merilis motor terbarunya pada Minggu (23/7/2023) yaitu EM-1 dan EM-T di markas mereka di bilangan Ciputat. 

Dua model sepeda motor listrik yang dihadirkan kali ini merupakan sepeda motor yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan berkendara individu pemiliknya. Founder SMEV, Donny Ariyanto menegaskan bahwa SMEV dikembangkan secara mandiri. Tak heran jika spesifikasinya juga tak main-main. Diklaim, motor ini sanggup menjelajah sejauh 120 km. 

Donny mengatakan bahwa ini merupakan hasil dari riset panjang untuk menjawab tantangan berkembangnya dunia elektrifikasi. Sehingga semua hal yang istimewa mereka sematkan di sana, termasuk spesifikasi baterai dan controller-nya.

Baca Juga:
McLaren Solus GT Kantongi Kemenangan Timed Shootout Final Kedua

“Kami merancang, membuat, dan memproduksi kendaraan listrik yang disesuaikan dengan gaya hidup dan kebutuhan berkendara setiap individu. Kehadiran dua model ini merupakan hasil dari kerja panjang dari seluruh pihak yang berkolaborasi menciptakan EM-1 dan EM-T. Terpenting kami percaya dengan kekuatan inovasi dan energi berkelanjutan dipadukan dengan teknologi dan keahlian yang kami miliki,” ujar Donny.

Ia menambahkan, SMEV berkomitmen untuk memberikan pengalaman berkendara yang mengasyikkan dengan model yang berbeda dari motor listrik kebanyakan tetapi juga ramah bagi lingkungan. Lalu apa alasan mereka meluncurkan dua produk unik ini? Donny menegaskan bahwa mereka bermain di segmen motor listrik medium. Hal ini juga menjadi penyebab mereka menjual motor dari pesanan yang masuk dan membangunnya seperti membangun sebuah motor kustom.

Motor Petualang Perkotaan
EM-1 merupakan model sepeda motor yang dirancang untuk melayani individu yang gemar untuk berkeliling perkotaan yang dipadukan dengan sensasi petualangan. Model EM-1 akan memberikan perpaduan dari kinerja, gaya, dan model yang serba guna dan tidak tertandingi. Motor ini menggunakan dinamo listrik berkekuatan 3000 watt, baterai li-ion dengan cell dari LG berdaya 72V40Ah dan juga controller programmable. 

Dengan spesifikasi tersebut mampu membuat sepeda motor ini melaju sampai dengan 110 KM dengan kecepatan maksimum 105 km/jam. Dengan desain yang ramping dan keunggulan material body menggunakan serat karbon kevlar membuat bobotnya lebih ringan dan kemampuan manuver yang gesit. Dibarengi dengan penggunaan electrical kit yang mumpuni, EM-1 sempurna untuk perjalanan harian atau petualangan di akhir pekan.

Baca Juga:
Genjot Pelanggan ke Bengkel, Ini Kiat Nissan Khusus Serena dan X-Trail

"Lantara dijual dengan cara pre-sale atau pre-order, motor akan diproduksi dengan cara berkonsultasi dengan sang pemiliknya. Keinginannya seperti apa dan spesifikasi seperti apa yang mereka inginkan. Harga jualnya dimulai dari Rp79 jutaan dan akan menyesuaikan sesuai spek yang dibutuhkan," imbuh Co-Founder SMEV, Riza Ardiana di momentum peluncuran produk baru itu. 

Siap Terabasan Pakai EM-T
EM-T ditujukan bagi yang doyan mencari sensasi petualangan penuh adrenalin. Model ini dibangun untuk mengatasi medan berat dan menaklukkan jalur menantang. Sepeda motor listrik ini memadukan tenaga dan ketahanan dengan keunggulan yang berkelanjutan. Rangkanya dibangun dengan kokoh, ban traksi tinggi, dan baterai awet jadi kuncinya. 

Untuk jenis ini, EM-T menggunakan dinamo listrik berkekuatan 4000 watt, baterai li-ion dengan cell dari LG berdaya 72V40Ah dan juga controller programmable. Dengan spesifikasi tersebut mampu membuat sepeda motor ini memiliki torsi yang cukup besar untuk dapat diandalkan menaklukkan medan off-road. Untuk harga, Riza menyebut varian ini dibanderol Rp98 jutaan. 


(uda)