Komponen Otomotif

Ban Baru GT Radial Savero A/T Pro, Garang Tapi Adem di Telinga

Savero A/T Pro jadi andalan terbaru GT Radial untuk segmen kendaraan SUV dan SUV kompak yang sedang naik daun saat ini. AG-Uda
Savero A/T Pro jadi andalan terbaru GT Radial untuk segmen kendaraan SUV dan SUV kompak yang sedang naik daun saat ini. AG-Uda

Autogear.id - Salah satu tantangan terbesar produsen ban untuk memproduksi tipe ban all terrain atau tipe yang biasa dikatakan dual purposes adalah soal tingkat kebisingan ban. Lantaran desain ban yang biasanya memiliki big block atau kembangan yang lebar dan besar-besar, sehingga membuat ban lebih berisik ketika menapak di permukaan jalan aspal. 

Namun hal ini justru yang membuat PT Gajah Tunggal Tbk produsen ban GT Radial sangat optimis ketika memperkenalkan generasi baru ban All Terrain Toughness & Performance di tahun 2023. Ban yang dinamakan Savero A/T Pro ini dirancang khusus dengan teknologi Nano-Tech compound, diklaim jadi pilihan tepat untuk para pengendara mobil yang mengutamakan semua performa terbaik ban AT namun tetap nyaman di telinga. 

Artinya daya cengkeraman yang kuat, ketahanan dari aus, dan punya hambatan gulir rendah untuk efisiensi bahan bakar, serta performa handal di off-road dan on-road. Selain itu, ban ini telah memenuhi standard ECE-R117-2 yang mencakup Low Rolling Resistance untuk menghemat bahan bakar, tingkat kebisingan yang rendah, serta daya cengkeram yang kuat di permukaan jalan yang basah.

"GT Radial Savero A/T Pro ini adalah ban yang kami riset secara khusus, bukan hanya untuk kebutuhan pasar domestik, namun juga untuk kebutuhan pasar ekspor. Karena itu jugalah semua aturan ketat soal ban berkualitas ekspor terpenuhi di ban ini. Nah, hari ini kami berikan kesempatan khusus untuk melakukan pengetesan, tentunya dilengkapi dengan parameter khusus seperti desibel meter dan kami sertakan ban dari merek lain untuk dikomparasi langsung," ujar Kepala Riset dan Pengembangan, PT Gajah Tunggal Tbk, Vincent Fernandez dalam pernyataan resminya.

Baca Juga:
Kemenko Marves, Boyong 7 Unit Toyota bZ4X

Ia menegaskan bahwa semua hal yang mereka kembangkan di ban ini semata untuk membuat ban ini sesuai dengan harapan banyak orang. Termasuk pasar ekspor yang memang punya standar tinggi soal penggunaan ban yang pas.

Desain dan Bentuk Savero A/T Pro
Pola tapak ban yang “Z” dengan desain 3D dapat meningkatkan traksi dan memiliki kemampuan membersihkan kerikil yang terselip. Ban GT Radial Savero A/T Pro juga memiliki bentuk blok bahu yang lebih besar sehingga meningkatkan stabilitas kemudi dijalan lurus, menikung, dan ketika pengereman pada kondisi jalan basah dan kering.

Inovasi lainnya dari ban GT Radial Savero A/T Pro adalah desain alur telapak ban yang menghasilkan kebisingan rendah, dan bentuk sidewall lebih agresif yang dapat meningkatkan ketahanan abrasi dan tusukan, serta menjadikan tampilan yang tangguh.

“GT Radial Savero A/T Pro dibuat untuk memenuhi pasar ban mobil dual purpose yang bisa digunakan di jalan beraspal dan berbatu. Saat ini GT Radial Savero A/T Pro bisa didapatkan di jaringan toko retail Tirezone serta jaringan toko-toko GT Radial di seluruh Indonesia,” jelas Leonard Gozali, selaku Head of Marketing Division PT Gajah Tunggal Tbk.

Baca Juga:
Langsung APM Sebagai Peserta, GJAW Tahun Ini Banjir Promo Menggiurkan

Ban GT Radial Savero A/T Pro sebagian besar memiliki desain sidewall dengan OWL (Outline White Letter), untuk ukuran ban GT Radial Savero A/T Pro akan tersedia sebanyak 25 ukuran, dengan diameter velg dari 15-20 inci dan lebar ban dari 205-285mm serta aspek rasio dari 50-75. Dengan kehadiran ban Savero A/T Pro ini diharapkan dapat selalu memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia.

Ban ini ditawarkan mulai dari harga Rp700 ribu hingga Rp1 jutaan. Tentu dengan ragam pilihan yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan konsumen mereka.  


(uda)