Kontes Mekanik Nasional

Kontes Mekanik Otomotif SMK Ini Hadiahnya Jadi Karyawan Perusahaan

Genjot skill para siswa SMK kejuruan teknis otomotif melalui kompetisi mekanik Tekiro. Tekiro
Genjot skill para siswa SMK kejuruan teknis otomotif melalui kompetisi mekanik Tekiro. Tekiro

Autogear.id – Tahun ini di Jakarta bakal digelar kompetisi otomotif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), bertajuk Tekiro Mechanic Competition (TMC). Adapun target pesertanya adalah sekitar 5000 siswa SMK se-Jabodetabek, kelas 10 dan 11, dari jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Sesuai target tersebut, TMC yang didukung pula oleh Rexco Multipurpose Lubricant, Ryu Powertools dan Altama Goes To School bisa dikatakan menyasar tak kurang 400 SMK swasta maupun negeri. Akan berpartisipasi mulai dari babak penyisihan, semi final hingga final. Memperebutkan hadiah uang tunai, piala bergilir, sertifikat, perkakas otomotif dan prioritas menjadi karyawan perusahaan Tekiro.

“Acara yang pertama kali kami gelar ini selain bertujuan untuk mengasah keterampilan para siswa untuk terampil didunia kerja juga merupakan bentuk kepedulian Tekiro didunia pendidikan”, ujar Ketua Pelaksana TMC 2022, Hery, di acara buka puasa bersama media, Kamis (22/04/2022).

Sementara Brand Marketing Manager Tekiro, Novitasari mengatakan, TMC 2022 merupakan ajang kompetisi pelajar SMK yang diadakan Tekiro dalam rangka menerapkan pemahaman materi dan kemampuan keterampilan dalam ruang lingkup otomotif.

Baca Juga:
Yamaha E01 Disetarakan Matic 125 cc, Tapi Torsi Mirip Punya Moge?

“Untuk kompetisi yang diselenggarakan secara online dan offline ini tidak dikenakan biaya ke peserta alias gratis. Pihak sekolah pun bisa mengirimkan perwakilan siswa sebanyak-banyaknya, ke ajang TMC 2022,” terangnya.

Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Provinsi DKI Jakarta, Sahabat Bancin Mpd., menyampaikan rasa terima kasih atas akan dihelatnya TMC. “Semoga kegiatan ini bisa jadi agenda tahunan, sebagai ajang kompetensi siswa jurusan TKR maupun TSM,” ucapnya.

Bagi SMK yang ingin mengirimkan perwakilan siswanya, pendaftaran dilakukan lewat website www.tekiro.com sejak April - 11 Juni 2022. Setelah itu akan dilakukan babak penyisihan secara online, mencari anggota tim untuk melenggang ke tahap selanjutnya. Sedangkan babak semifinal dan final berlangsung Sabtu-Minggu, 27-28 Agustus 2022, di kantor Tekiro, Jakarta Utara.

Pada babak penyisihan, tes online yang rencananya diikuti ribuan peserta ini menjawab soal-soal tentang teori dasar otomotif, dasar konstruksi, komponen engine dan pengetahuan seputar produk handtools otomotif.

Sementara semifinal secara offline, akan diikuti 20 tim dari 20 sekolah terbaik, dipilih dari hasil tes di babak penyisihan. “Dalam kontes ini tidak ada istilah superman, yang ada supertim. Karena yang berlomba mewakili sekolah masing-masing adalah tim. Kendati pada babak penyisihan, diseleksi perorangan,” ungkap Heru.

Baca Juga:
Berjasa Besar Hadapi Covid-19, Nakes Diganjar Keistiimewaan Beli Kendaraan

Konsep tes di semifinal berupa kerja bangku dalam bentuk mengerjakan soal, dan praktek secara langsung yang dibagi menjadi beberapa pos.  Dari setiap pos, peserta diuji berbagai permasalahan yang harus diselesaikan secara tim sesuai waktu yang ditentukan.

Adapun soal yang akan diuji di setiap pos mulai dari materi alat ukur, sistem kelistrikan, sistem pengapian, sistem transmisi, pelumasan dan pendinginan.

Babak final akan diikuti 10 tim dari 10 sekolah terbaik, yang diambil dari hasil tes di babak semifinal. Peserta akan menjalani uji troubleshooting motor, dan presentasi terbuka di hadapan juri yang.

Adapun terkait materi troubleshooting, ujian yang dilakukan seputar analisa masalah, praktik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, bongkar pasang dan penanganan masalah pada motor.


(uda)