Dakar Rally Etape-1 Mobil

Carlos Sainz Langsung Gaspol di Etape Awal Dakar

Carlos Sainz langsung kuasai pencapaian waktu tercepat di klasemen pereli di Dakar Rally Arab Saudi etape pertama. DR
Carlos Sainz langsung kuasai pencapaian waktu tercepat di klasemen pereli di Dakar Rally Arab Saudi etape pertama. DR

Autogear.id - Pereli kawakan dunia yaitu Carlos Sainz punya cara sendiri untuk tetap kompetitif di ajang bakal lintas wilayah atau overland seperti Dakar Rally 2023. Meski masih terlalu awal untuk mengklaim bahwa mobilnya sangat kompetitif, setidaknya dengan memperlihatkan performanya di etape pertama yang berlangsung dari Seacamp ke Seacamp dengan total jarak tempuh sejauh 602,5 km pada Minggu (1/1/2023). 

Sajian etape spesial yang langsung mengelilingi gurun di Saudi Arabia itu, langsung dikuasai oleh Sainz. Pereli kawakan itu sanggup membawa Audi miliknya langsung tampil kompetitif. Sayangnya, selisih yang Ia tempatnya di etape pertama dari pereli yang finish di urutan kedua yaitu Sebastien Loeb, tak begitu besar. Ia hanya membutkukan waktu tercepat 3 jam 28,5 menit dan hanya menyisakan selisih dari Loeb sebanyak 50 detik saja.

Artinya kesempatan bagi keduanya untuk bertarung erat di etape kedua terbuka sangat luas. Ia menegaskan bahwa secara target, sudah pasti targetnya sangat tinggi dibandingkan di Dakar Rally 2022 lalu. Ia bahkan generasi kedua Audi RS Q E-TRON E2 yang Ia gunakan tahun ini bisa tampil begitu superior dibandingkan tahun lalu.

"Tahun lalu kami hanya punya waktu terbatas dalam melakukan pengetesan sebelum mengikuti balapan Dakar Rally. Sehingga persiapan untuk meraih hasil bagus tak begitu optimal. Tapi setelah kami buktikan selama mengikuti Rally di Maroko pada Oktober lalu, ada optimisme tinggi untuk bisa tampil lebih kompetitif tahun ini," papar Sainz.

Baca Juga:
Berkendara Nikmati Liburan Akhir Tahun, Waspadai Microsleep!

Lantaran ditempel ketat oleh Loeb, tentu Sainz juga butuh pendukung kuat untuk bertarung di klasemen. Beruntung rekan setimnya yaitu Mattias Ekstrom yang menggunakan mobil setipe, meraih posisi tiga di etape pertama. Tentu ini menjadi awal yang baik bagi Audi dan juga Loeb yang menggunakan mobil Prodrive Hunter racikan khusus berpenggerak 4x4.

Sementara juara bertahan tahun lalu yaitu Nasser Al-Attiyah, kali ini harus puas finish di urutan keenam dengan selisih 7 menit dari Sainz. Meski ini jadi awal yang buruk dari Al-Alttiyah, namun tentu Ia masih punya peluang sangat besar mengejar ketertinggalan.

Hasil etape-1 DR Arab Saudi:
1. Carlos Sainz, Audi, 3 jam 28,5 menit
2. Sebastien Loeb, Prodrive, +10 detik
3. Mattias Ekstrom, Audi, +33 


(uda)