Dakar Rally Etape-6 Mobil

Nasib Buruk Duo Pereli Audi Berlanjut, Attiyah Kian Tak Terkejar

Nasser Al-Attiyah kembali tampil agresif mempertahankan pencapaiannya di etape 6. Red Bull CP
Nasser Al-Attiyah kembali tampil agresif mempertahankan pencapaiannya di etape 6. Red Bull CP

Autogear.id - Asa para pereli Team Audi Sport di ajang balap Dakar Rally untuk bisa tampil maksimal dan meraih juara di akhir lomba, ternyata masih belum sesuai harapan. Di etape keenam yang menempuh jarak 877 km termasuk 467 km etape spesial pada Jumat (6/1/2023), memang cukup panajng dan menyajikan trek menantang dari Ha'il ke Al Duwaidimi. 

Dua pereli andalan tim yang menggunakan mobil listrik Audi RS Q e-Tron yaitu Carlos Sainz dan Stephane Peterhansel kembali mengalami kecelakaan fatal. Navigator Peterhansel yaitu Edouard Boulanger bahkan mengalami cedera punggung dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat menggunakan helikopter. Beruntung Sainz dan navigatornya tak mengalami cedera berarti. Namun mereka kehilangan banyak waktu di perebutan titel juara.

Pereli yang tampil paling konsisten justru kembali diperlihatkan oleh Nasser Al Attiyah. Meskipun Ia mengklaim bahwa mobilnya tak sekuat atau sekencang mobil-mobil lainnya, namun konsistensi pereli asal Qatar itu sangat baik. Bahkan pembacaan pacenote mereka pun diklaim jadi yang terbaik. Attiyah membukukan waktu tercepat 3 jam 13,12 menit.

"Ini adalah etape yang sulit dan membuat kami sangat kesulitan. Mobil bahkan mengalami kerusakan padahan garis finish tinggal 40 km lagi. Pompa oli kemudi di mobil kami mengalami masalah dan oli terus keluar dari bagian bawah. Hal ini membuat kami harus melakukan perbaikan di tempat tenda sementara sebelum melakukan perbaikan besar di Riyadh," klaim Attiyah. 

Baca Juga:
Etape Spesial Menantang, Al-Attiyah Perkuat Posisi di Klasemen

Pereli yang juga mulai tampil konsisten dan sempat mengalami masalah di etape-etape sebelumnya adalah Sebastien Loeb. Ia mencetak selisih 3,29 menit dari Attiyah. Sayangnya selisih waktu yang terlampau jauh di klasemen membuat Attiyah sepertinya akan sulit terkejar. Bahkan dari pereli yang finish ketiga di etape 6 yaitu Henk Lategan yang menempati urutan kedua di klasemen sementara berselisih 1 jam 6,50 menit.

Ini tentu menjadi hasil yang diimpikan oleh Toyota Gazoo Racing, mengingat dua pereli andalannya berada di urutan teratas klasemen sementara. Terpenting keduanya bisa menjaga jarak dan membuat mobil mereka tetap finish setiap etape.

Hasil Dakar Rally Mobil Etape 6:
1. Nasser Al-Attiyah, Toyota Gazoo Racing, 3 jam 13,12 menit
2. Sebastien Loeb, Bahrain Raid Xtreme, +3,29 menit
3. Henk Lategan, Toyota Gazoo Racing, +8,52 menit


(uda)