Komunitas Otomotif

Nyaris Punah, Brothersipx Bikin Formula Egrang

Lestarikan budaya dan permainan lokal di Indonesia, komunitas motor Brothersipx gelar kompetisi Formula Egrang. BS
Lestarikan budaya dan permainan lokal di Indonesia, komunitas motor Brothersipx gelar kompetisi Formula Egrang. BS

Autogear.id - Permainan tradisional sudah jarang kita temui pada zaman yang serba gadget ini makin hilang di telan oleh zaman. Padahal selain mengasyikan juga membawa sehat untuk tubuh kita sendiri, karena secara tidak sadar kita sudah berolahraga.

Tak ingin budaya lokal hilang begitu saja, Brothersipx dan Sekolah rakyat Busa pustaka mengingatkan kita pada permainan yang sudah hampir punah seperti egrang dan bakiak akhir pekan lalu yaitu Minggu (3/7/2022). Mereka berkolaborasi membaur dengan mahasiswa yang menjadi volunteer dalam pengabdian masyarakat di Busa Pustaka.

Acara diawali dengan fun morning ride santuy menuju Busa pustaka. Tidak hanya Brothersipx ada beberapa rekan bikers dari BE Ride team & speedy bikers yang mengaspal santai dan tertib bersama. Setiba di Busa Pustaka seluruh bikers membaur dengan rekan rekan mahasiswa volunteer yang ber story telling dan giat literasi lainnya bersama adik adik kecil warga Kedaung Bandar Lampung. 

Sesi lanjutnya seluruh hadirin have fun bersama dalam arena  Drag Bakiak Race, 1 kakak asuh membawa adik kecil menjaga kekompakan laju bakiak. “Bercanda seru jadi pengalaman berharga bisa main bakiak yang udah jarang banget kita lihat sambil memacu kekompakan anak–anak dalam kerja tim,” ujar Mahasiswi HMJ Sosiologi Universitas Lampung, Delsa di momentum tersebut.

“Karena seru ya kita lanjut balap egrang atau kita sebut Formula E(grang) ini sebenernya berawal dari candaan kami para volunteer di sini untuk saling menantang 1 sama lain sambil berkreatifitas mengemas eventnya. Seru banget hasilnya dan benar-benar mengingatkan kita pada masa kecil, sudah lama enggak main seperti ini,” ujar Sidik dari brothersipx (BSX).

Acara yang bermula candaan ini benar-benar dibuat serius mulai dari lining track, partnership, setting live Instagram ala real race. Tentunya tak disangka bisa have fun positif seperti ini. Antusias warga sekitar juga di luar expektasi. "Tidak semua bikers itu melulu tentang motor, touring atau aksi sosial konvensional saja. Tapi hal-hal seperti ini juga menyenangkan. Berbagi ilmu, keseruan dan lainnya,” seru Bojog dan Bru dari UKMBS Universitas Malahayati.

Tidak hanya selesai di Have Fun tradisional Games nya saja. Hadiah lomba dari Planet Ban Lampung & Xten OIL, Biznet Lampung, Haykers, Grab Lampung, Waroeng Sablon, Mimi Laundry dan Ketoprak Pakde Urip  kemudian di bagikan setelah rehat isoma. Tidak hanya untuk anak – anak all volunteer juga kebagian bahkan ada cash money khusus untuk juara Formula Egrang.

“Senang sekali Busa Pustaka menjadi sarana agenda positif dan menyenangkan seperti ini jelas baik untuk mental anak – anak, memacu kemampuan team work anak dan memberikan contoh juga bahwa literasi tidak hanya sekedar membaca tetapi juga bagaimana literasi berjejaring yang membuat hadirnya saling support untuk kebaikan bersama,” tutup Adi dari Busa Pustaka setelah acara berlangsung seru.
 


(uda)