Balap Mobil

Digeber Rifat Sungkar, Hasil Tes Xpander AP4 Sesuai Target

Uji coba perdana Xpander AP4 di sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten. xrt
Uji coba perdana Xpander AP4 di sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten. xrt

Autogear.id: Mobil rally berbasis kendaraan MPV yakni Xpander AP4 garapan Xpander Rally Team (XRT) telah menjalani uji coba perdana di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten, Sabtu (11/7/2020). 

Pada dasarnya, Xpander AP4 ini sudah menjalani pengembangan di New Zealand. Khusus pada sesi uji coba kali ini difokuskan pada finalisasi setting dan handling kendaraan di lintasan tanah atau gravel. 

Sirkuit yang biasa digunakan untuk kejuaraan Sprint Rally dan Speed Offroad itu telah mengalami perubahan dimana ada penambahan beberapa tikungan baru di beberapa sektor. Hal itu membuat karakter Tembong Jaya yang tadinya fast track menjadi medium track. 

Perubahan karakter Tembong Jaya membuat sesi uji coba menjadi lebih optimal. Karena XRT dapat menguji kemampuan tenaga Xpander AP4 di trek lurus dan keandalan suspensi saat melahap tikungan maupun melewati gundukan. 

Team Manager XRT, Julian Johan mengaku puas dengan hasil tes. Menurutnya uji coba Xpander AP4 memenuhi ekspektasi tim. "Alhamdulillah uji coba berjalan lancar dan sesuai target. Bahkan di beberapa sisi melebihi perkiraan," ucap Julian Johan yang akrab disapa Jeje. 

"Uji coba perdana ini lebih ditujukan untuk melihat bagaimana handling kendaraan secara umum di lintasan gravel. Apakah pembalap dan navigator kami merasa nyaman dengan settingan yang ada atau belum. Dan ternyata sudah sesuai. Bahkan Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan mengaku handling kendaraan begitu nyaman, melebihi harapan dia sebelumnya," papar Jeje. 

Pada uji coba perdana yang berlangsung dari pagi hingga sore, Mitsubishi Xpander AP4 melahap lebih dari 25 putaran di Sirkuit Tembong Jaya. 

Rifat Sungkar maupun navigator M. Redwan mengaku sangat puas dengan hasil uji coba yang dilakukan. “Sebetulnya saya sudah optimis dengan Xpander AP4 ini saat melakukan tes di Selandia Baru. Namun dalam uji coba hari ini, kami lebih yakin lagi dengan performanya, melebihi harapan kami sebelumnya,” terang Rifat Sungkar.


(uda)