Dakar Rally 2022 (Etape-12)

Sunderland Wujudkan Mimpi Raih Juara Dakar 2022

Sam Sunderland juarai Dakar Rally Arab 2022 usai meraih hasil yang tak terduga di etape terakhir. RedBull CP
Sam Sunderland juarai Dakar Rally Arab 2022 usai meraih hasil yang tak terduga di etape terakhir. RedBull CP

Autogear.id - Mimpi Sam Sunderland untuk meraih titel juara Dakar Rally Arab 2022, akhirnya terwujudkan dengan baik. Pereli Inggris itu meraih titel juara dunianya yang kedua kali setelah tampil dengan performa yang mengesankan. Meski tak begitu agresif di setiap etape, namun kesabarannya menjalani balapan kali ini kembali terbukti.

Meski terdapat 5 pereli yang berpotensi meraih titel juara di etape terakhir, namun tabungan waktu sebesar 5 menit di klasemen pada etape sebelumnya, membuat Sunderland keluar sebagai juara setelah melalui 12 etape yang berakhir hari ini Jumat (14/1). Lebih menyenangkan lagi lantaran ini mengakhiri dominasi nama KTM sebagai pemenang di ajang tersebut. Meski pada intinya Gas Gas menggunakan mesin dari KTM juga.

"Saya tidak bisa merasa lebih senang lagi dari perasaan saat ini. Etape terakhir dari Bisha ke Jeddah yang cukup jauh untuk road section-nya (680 km) namun singkat di sesi etape spesial (160 km) juga cukup menyulitkan. Arah navigasi yang membingungkan dan ini membuat saya tidak yakin bisa meraih hasil yang bagus. Namun ketika pengumuman pemenang, ternyata catatan waktuku tak terkejar, semuanya berubah jadi sangat emosional bagiku," klaim Sunderland.

Baca Juga:
Kolaborasi Renault dan Da Vinci Gelar Pameran Seni Instalasi

Etape-12 yang berlangsung hari ini, memang diakui tak lebih mudah dari etape-etape sebelumnya. Pablo Quintanilla yang mewakili Monster Energy Honda, pun meraih kemenangan di etape pamungkas ini. Posisinya disusul oleh Toby Price di urutan kedua dan Jose Ignacio Cornejo Florimo di urutan ketiga. 

Adrien Van Beveren yang di dua etape sebelumnya masih menjadi pemuncak klasemen sementara, di klasemen akhir malah terlempar ke urutan keempat dengan selisih 18 menit dari Sunderland. Tentu ini cukup disayangkan, mengingat performanya cukup konsisten selama Dakar Rally Arab 2022 berlangsung. 

Sedangkan Pablo Quintanilla yang berharap menusuk di sesi terakhir, tak bisa berbuat banyak ketika selisih waktunya dari Sunderland hanya terpaut 3 menit. Artinya dengan selisih tak signifikan ini, Honda kembali gagal menjegal KTM menjuarai Dakar Rally Arab 2022 di bawah nama Gas Gas Factory Racing.

Hasil Dakar Rally Arab 2022 (motor):
1. (CHL) PABLO QUINTANILLA, MONSTER ENERGY HONDA, 01H 40' 00''
2. (AUS) TOBY PRICE, RED BULL KTM FACTORY RACING, + 00H 00' 18''    
3. (CHL) JOSE IGNACIO CORNEJO FLORIMO, MONSTER ENERGY HONDA, + 00H 00' 29''

Klasemen akhir Dakar Rally Arab 2022 (motor):
1. (GBR) SAM SUNDERLAND, GASGAS FACTORY RACING, 38H 47' 30''
2. (CHL) PABLO QUINTANILLA, MONSTER ENERGY HONDA, + 00H 03' 27' (penalti 1 menit)
3. (AUT) MATTHIAS WALKNER, RED BULL KTM FACTORY RACING, + 00H 06' 47''


(uda)