Jalur Mudik 2023

Jalur Pati-Rembang Macet, Siap-Siap Lewat Jalur Alternatif Ini

Jalur mudik Pantura Pati-Rembang ini menimbulkan kemacetan panjang karena prasarana jalan belum selesai dibangun. MetroTV
Jalur mudik Pantura Pati-Rembang ini menimbulkan kemacetan panjang karena prasarana jalan belum selesai dibangun. MetroTV

Autogear.id - Jelang musim mudik 2023, ada saja jalur jalan yang membuat pemudik harus memutar ke jalur alternatif untuk sampai lebih lama. Penyebabnya tak lain adalah prasarana jalan yang diperbaiki atau belum kelar pengerjaannya. Seperti yang terjadi di jalur Pati-Remban, kondisi jalan macet parah hingga beberapa kilometer. 

Satlantas Polres Pati terus berupaya mengurai kemacetan yang terjadi di jalur pantura Pati-Rembang, Jawa Tengah. Salah satunya mengimbau pengendara mobil untuk menggunakan jalur alternatif Pati-Jaken-Rembang.

"Kita sudah menyiapkan jalur alternatif, namun jalan ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi dan kendaraan kecil yang memungkinkan untuk melaluinya," ujar Kasatlantas Polresta Pati, Kompol Asfauri, Senin (3/4/2023).

Asfauri menyebut jalur alternatif ini bisa dilalui mulai dari pertigaan Sampang. Apabila kendaraan datang dari arah barat menuju Rembang, pengendara bisa belok kanan menuju pertigaan Desa Glonggong, Jakenan. Dari pertigaan Glonggong selanjutnya belok kiri dan lurus hingga ke pertigaan Jaken. Begitu pun sebaliknya apabila hendak menuju ke Pati.

Baca Juga:
SUV Kompak Kian Masif, Apa Kabar Mobil Sejuta Umat Indonesia?

Selain itu Satlantas Polres Pati juga memberlakukan sistem buka tutup jalan. Hal ini juga bentuk upaya untuk mengurai kemacetan di di jalur Pantura timur Pati.

Kemacetan yang terjadi di jalur tersebut disebabkan adanya perbaikan jalan di Kecamatan Batangan dan perbaikan jembatan yang berada di Kecamatan Juwana, Pati. Pekerjaan proyek ini ditargetkan selesai pada H-10 lebaran.

"Kami terus mendorong pelaksana proyek untuk bisa tepat waktu menyelesaikan perbaikan jalan. Sesuai hasil rapat kemarin, pada H-10 jalur itu sudah bisa open traffic," jelas Asfauri.

Sebelumnya kemacetan di titik ini mencapai 45 kilometer hingga melewati Rembang. Pantauan tim MGN di lokasi, kini kepadatan sudah terurai tinggal 10 kilometer dari arah barat di Desa Trimulyo, Kecamatan Juwana. Sementara dari arah timur titik macet mulai dari perbatasan Kecamatan Kaliori, Rembang. (StoryBuilder: REN)


(uda)