Dakar Rally Etape-4 Mobil

Kemenangan Perdana Loeb, Peterhansel Kekuatan Baru Audi

Sebastien Loeb amankan kemenangan etape 4 meski mengalami masalah powersteering 20 km menjelang garis finish. RedBull CP
Sebastien Loeb amankan kemenangan etape 4 meski mengalami masalah powersteering 20 km menjelang garis finish. RedBull CP

Autogear.id - Kemenangan perdana Sebastien Loeb untuk musim kompetisi Dakar Rally 2023, akhirnya kejadian juga di etape keempat yang mengitari Ha'il ke Ha'il pada Rabu (3/1/2023). Pereli asal Perancis itu membukukan waktu tercepat dengan 4 jam 11,3 menit yang menelusuri etape spesial sepanjang 425 km di utara Ha'il. 

Dengan sajian trek yang cukup menantang di gurun pasir yang luas, membuat pereli dengan pembacaan navigasi yang kuat, bakal jadi kunci pemenangnya selain keberuntungan dan skill memilih jalur yang tepat. Mengingat di beberaia zona gundukan pasir yang dilalui para pereli kadang-kadang terdapat jalur yang padat dan jika mobil sempat meloncat ke udara, maka bisa membuat mobil mengalami hempasan keras.

Namun Loeb yang menggunakan Prodrive Hunter terlihat sangat percaya diri menghadapi lintasan yang tersaji di etape ketiga ini. Meski kemenangannya sangat tipis dari pereli yang finish di urutan kedua yaitu Stephane Peterhansel yang juga pereli senior di ajang ini, namun tentu ini adalah hal yang baik buatnya. Dengan selisih tipis ini pun Peterhansel sontak menjadi andalan baru Team Audi Sport yang menggunakan mobil listrik di DR 2023.

"Saya berupaya sekuat tenaga untuk bisa tampil memenangi etape ini sepanjang balapan berlangsung. Sayangnya ada saja masalah yang menghampiri, mobil mengalami kerusakan di power steering 20 km menjelang garis finish. Ini membuat kami harus melambat di beberapa titik lantaran mobil tak bisa berbelok dengan cepat. Tapi beruntunglah kami masih bisa memenangi etape ini meski dengan selisih tipis dari pereli yang finish di urutan kedua," ulas Loeb.

Baca JUga:
Chicherit Menang Etape 3, Attiyah Pimpin Klasemen, Sainz Terhempas

Melihat kesempatan yang dimainkan oleh rekan setimnya, Carlos Sainz kembali tampil agresif meraih hasil bagus di etape ini. Ia finish tak jauh di belakang Peterhansel dan mengumpulkan pencapaian waktu yang lumayan buat bertarung di klasemen. Mengingat konsistensi Nasser Al-Attiyah juga cukup tinggi sehingga Ia harus sangat agresif membuka peluang finish di depan Attiyah setiap etape.

Sayangnya selisih yang sangat besar antara Attiyah dengan Sainz kini sangat besar, yaitu 32 menit. Tentu butuh upaya yang besar bagi Sainz untuk mengejar ketertinggalan waktunya di klasemen pereli Dakar tahun ini.

Hasil Dakar Rally Etape 4 Mobil:
1. Sebastien Loeb, Bahrain Raid Xtreme, 4 jam 11,3 menit
2. Stephane Peterhansel, Team Audi Sport, +13 detik
3. Carlos Sainz, Team Audi Sport, +1,5 menit


(uda)