Dakar Rally Etape-3 Mobil

Chicherit Menang Etape 3, Attiyah Pimpin Klasemen, Sainz Terhempas

Carlos Sainz mengalami masalah di roda kiri belakang dan berupaya memperbaiki kendaraannya agar tetap bisa berlaga di etape ini. DR
Carlos Sainz mengalami masalah di roda kiri belakang dan berupaya memperbaiki kendaraannya agar tetap bisa berlaga di etape ini. DR

Autogear.id - Prediksi soal kerasnya pertarungan para pereli di ajang Dakar Rally (DR) 2023, mulai terlihat mengganas di hari ketiga yang bersamaan dengan etape ketiga pada Selasa (3/1/2023). Carlos Sainz yang digadang-gadang bakal tampil superior lantaran pengembangan mobilnya lebih mumpuni sejak pertengahan 2022 lalu, ternyata kembali dihinggapi masalah serius. 

Lintasan yang melintang sepanjang 669 km termasuk 447 km dari Alula ke Ha'il itu, memang menyajikan ragam kondisi trek yang berat. Kondisi ini diperberat dengan kondisi cuaca yang buruk. Sehingga para pereli benar-benar harus mengandalkan insting dan skill terbaiknya. Dan hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Guerlain Chicherit. Ia keluar sebagai pemenang dan membuat pereli lainnya harus kewalahan menghadapinya.

Pereli asal Afrika Selatan yaitu Henk Lategan yang merupakan rekan setim Nasser Al-Attiyah, kini mendapatkan kesempatan untuk tampil apik. Ia meraih posisi finish kedua dan hanya berselisih 3 menit di belakang Chicherit. Kemudian disusul oleh Orlando Terranova yang mewakili Bahrain Raid Xtreme di urutan ketiga. 

Baca Juga:
Mason Klein Buka Kemenangan KTM, Ada Kejutan dari Hero dan Sherco

Bagian yang paling dramatis justru dirasakan oleh para pereli papan atas seperti Carlos Sainz. Mobilnya mengalami masalah di ban belakang sebelah kiri dan butuh waktu yang lama untuk memperbaiki masalah itu di pertengahan etape ketiga. Nasib apes pun masih menghampirinya beberapa kilometer menjelang garis finish. Di mana sistem navigasinya mengalami masalah dan Ia kehilangan arah.

Kehilangan waktu yang banyak di klasemen, tentu menjadi masalah besar baginya. Namun rival utamanya yaitu Nasser Al-Attiyah, kali ini juga mengalami masalah yang besar. Ia bahkan hanya sanggup finish di urutan 13 dengan selisih 20 menit di belakang pemenang etape. Hasil ini membuat posisi Al-Attiyah lebih aman di klasemen dengan keunggulan 13 menit dari Yazeed al Rajhi.

Sementara selisihnya dari Carlos Sainz yang digadang-gadang bakal memanfaatkan setiap peluang besar untuk menengi etape, kini terpaut 33 menit.

Hasil Dakar Rally Etape 3 Mobil:
1. Guerlain Chicherit, GCK Motorsport, 3 jam 22,5 menit
2. Henk Lategan, Toyota Gazoo Racing, +3,2 menit
3. Orlando Terranova, Bahrain Raid Xtreme, +5 menit


(uda)