Formuka 1 Jepang

Verstappen Terdepan di QTT, Bakal Juara Dunia di F1 Jepang?

Max Verstappemn hanya butuh memenangi balapan dan mencetak lap tercepat di sesi race untuk mengamankan titel juara dunia 2022. REd Bull CP
Max Verstappemn hanya butuh memenangi balapan dan mencetak lap tercepat di sesi race untuk mengamankan titel juara dunia 2022. REd Bull CP

Autogear.id - Max Verstappen sepertinya tak ingin bermain-main lebih lama dalam hal peluangnya meraih titel juara dunia F1 tahun ini sekaligus pembuktian Ia sanggup mempertahankannya. Di sesi kualifikasi F1 Jepang yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Jepang pada Sabtu (8/10/2022), Ia mengamankan posisi start terdepan meskipun mendapat teguran dari direktur balap. 

Pasalnya saat berlangsungnya sesi kualifikasi, Verstappen nyaris membuat Lando Norris menabraknya. Beruntung pembalap tim McLaren itu sanggup menghindari mobil Verstappen yang dalam waktu bersamaan melakukan akseelerasi dan ban belakang justru kehilangan traksi. Meski Lando Norris harus masuk ke gravel agar tidak menabrak Max, namun keduanya selamat dan posisi Verstappen tak tergeser dari posisi start grid pertama.

Verstappen pun mengaku salah dalam hal ini dan Ia meminta maaf karena nyaris menjadi penyebab kecelakaan di antara Ia dan Norris. Lalu bagaimana peluangnya mengunci titel juara dunia pada sesi race besok? Tentu ada, namun Ia harus memenangi balapan sekaligus mencetak lap tercepat untuk poin tambahan. Sehingga meski Charles Leclerc finish di urutan kedua, titel juara dunia sudah aman di tangan Verstappen.

Baca Juga:
Ferrari SP51 ini Hanya Diproduksi Satu Unit, Sultan KW Minggir Dulu!

Posisi kedua diamankan oleh pembalap tim Ferrari yaitu Leclerc dan di posisi ketiga ada rekan setimnya yaitu Carlos Sainz. Leclerc menegaskan bahwa Ia akan melakukan segala cara agar bisa mengakhiri balapan di posisi terbaik dan menahan Verstappen tak mengunci titel jaura dunia di F1 Jepang.

"Memang agak sulit, tapi peluang untuk tetap berada di perebutan poin tertinggi masih ada, meski sangat tipis. Semoga besok strategi kami bisa berjalan dengan baik dan merebut hasil terbaik kali ini," papar Leclerc.

Meski tak akan mudah juga bagi Leclerc untuk mendahului Verstappen, namun jangan lupa, ada rekan setimnya di belakang yaitu Sergio Perez bakal start di posisi keempat. Pembalap yang akrab dengan Checo itu pastinya bakal memainkan peran besar untuk merebut hasil terbaik dan memuluskan rekan setimnya meraih titel juara dunia pada sesi balapan besok.

Hasil kualifikasi F1 Jepang:
1. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
2. Charles Leclerc, MON, Ferrari
3. Carlos Sainz, SPA, Ferrari


(uda)